Kastuba – Si Daun Merah

Tanaman hias ini memiliki daun yang indah. Bahkan, bunganya pun kalah indah dengan daunnya. Tanaman ini bernama Kastuba. Ada pula yang menamai bunga denok, puring bengala, atau kedapa.

Tanaman Kastuba tergolong tanaman daerah tropis. Batangnya berkayu dan dapat tumbuh setinggi 3 meter. Seluruh bagian pohonnya mengandung getah. Getah ini akan keluar jika batang atau daunnya dipatahkan.

Daunnya berupa daun tunggal, bertangkai, dan menyebar. Daun berbentuk oval dengan bagian bawah berbulu halus. Daun muda berwarna merah cerah, mirip seperti kelopak-kelopak bunga yang mekar. Setelah menua, warna daun berangsur berubah warna menjadi hijau.

Bunga yang sebenarnya berupa bunga majemuk dengan warna kuning. Letaknya bergerombol di ujung batang. Buahnya berbentuk kotak dengan panjang 1,5 centimeter. Buah muda berwarna hijau, dan setelah tua berwarna cokelat. Bijinya bulat berwarna cokelat.

Awalnya, tanaman Kastuba ini hanya berdaun muda berwarna merah dengan ukuran kecil. Namun, kini banyak jenis hasil persilangan sehingga lebih bervariasi. Ada yang berwarna hijau muda, kuning, putih, dan lainnya. Daunnya juga berukuran lebih lebar, lebih padat susunannya, dan lebih cepat berbunga.

Oya, Kastuba merupakan tanaman obat beracun. Getahnya dapat menyebabkan iritasi pada kulit. Namun, Kastuba juga berkhasiat sebagai obat. Daunnya bermanfaat untuk mengurangi keluhan infeksi, luka memar, dan bengkak. Sedangkan bunganya dapat untuk melancarkan air susu.