Katak Bermulut Lebar yang Rakus

katak bermulut lebar

Katak bermulut lebar. Inilah julukan yang tepat untuk jenis katak dari spesies Ceratophrys ornata. Katak ini juga disebut Argentine horned frog (katak bertanduk dari Argentina).

Ukuran tubuh katak ini cukup besar. Jenis betina bisa mencapai panjang 16 centimeter, sedangkan jenis jantan berukuran 11 centimeter. Beratnya mencapai 450 gram.

Argentine horned frog

Seperti jenis katak lainnya, Katak bermulut lebar ini memiliki kulit yang mengkilat. Kulitnya memiliki corak yang indah. Motif coraknya seperti pakaian tentara, dengan warna hijau bercak merah, hitam, dan ada juga yang albino (putih).

Ya, katak ini memang memiliki mulut yang sangat lebar. Lebar mulutnya bisa mencapai setengah dari ukuran lebar tubuhnya. Selain mulutnya, ciri khas katak ini adalah adanya tonjolan pada bagian atas matanya yang menyerupai sepasang tanduk. Karena itulah, katak ini juga dijuluki katak bertanduk (horned frog).

Untuk makan, katak ini tidak memburu mangsanya. Cukup berdiam diri, menunggu hewanhewan kecil yang mendekatinya. Lalu, mereka akan menelan semua yang mendekati mulutnya

Katak ini juga sangat rakus. Mereka bisa menelan mangsamangsa yang cukup besar, seperti serangga, tikus, kadal, atau sesama katak. Saking rakusnya, katak ini kadang bisa mati karena kebanyakan makan atau kesulitan menelan mangsanya yang terlalu besar.

Katak bermulut lebar ini banyak terdapat di Argentina, Brazil, dan Uruguay. Selain hidup di alam liar, katak ini juga diperlihara sebagai binatang piaraan para penggemar reptil.

 

BACA JUGA: Burung Kakapo Si Betet yang Nggak Bisa Terbang