Katak Terbang

Selama ini kita mengenal katak sebagai hewan darat yang gemar meloncat. Atau hewan air yang pandai berenang. Nah, ternyata ada juga katak yang bisa terbang. Namanya Katak Pohon Terbang.

Katak Terbang

Ya, katak pohon terbang adalah jenis katak yang memiliki kemampuan terbang. Tapi, bukan terbang seperti burung, melainkan meloncat di antara dahan-dahan pohon. Karena loncatannya sangat jauh, sehingga terlihat layaknya terbang melayang. Seekor katak terbang bisa menempuh jarak hingga 15 meter dengan sekali meluncur.

Katak Pohon Terbang memiliki nama ilmiah Rhacophorus pardalis. Dibanding katak lainnya, ukuran tubuh katak terbang cukup besar. Katak jantan berukuran 4 – 6 centimeter, sedangkan jenis betina berukuran 5 – 7 centimeter. Kulit punggungnya dihiasi warna coklat berbintik-bintik kehitaman. Kulit bagian bawahnya berwarna merah muda pucat. Kedua sisi tubuhnya berwarna cerah kekuningan dengan bintik-bintik hitam.

Katak Pohon Terbang

Moncongnya pendek dan bulat. Bola matanya besar dengan iris mata berwarna kekuningan atau oranye. Ciri khas katak terbang ini adalah adanya selaput tipis berwarna merah pada jari-jari kakinya.

Kehidupan Katak Pohon

Katak terbang hidup di pohon-pohon. Mereka hanya turun ke sungai atau tanah saat bertelur saja.  Di Indoenesia, species katak terbang terdapat di pulau Sumatera dan Kalimantan. Selain itu, juga dapat dijumpai di Semenanjung Malaysia, Sabah, Serawak, Brunei Darussalam, dan Filipina Selatan.

8035416277_9f9852a8ea_h

Hingga saat ini, katak pohon masih tergolong binatang yang tidak dilindungi. Namun, kelestariannya terancam karena banyaknya penebangan liar, kebakaran hutan, dan perubahan fungsi hutan.