Kekuatan Islam Meruntuhkan Romawai

kekuatan islam

Perjuangan umat Islam bukanlah perjalanan yang mudah. Perlu kesungguhan dan pengorbanan. Harta bahkan jiwa sekalipun. Itulah yang dicontohkan oleh para umat terdahulu dalam melawan bangsa Romawi. Bangsa yang Allah sebutkan dalam kitab-Nya.

Perang Mu’tah

Perlawanan pertama adalah Perang Mu’tah. Perang Mu’tah terjadi lantaran seorang utusan Rasulullah dibunuh dengan keji oleh Gubernur Basrah yang ketika itu masih menjadi wilayah kekuasaan Romawi. Maka terjadilah peperangan antara bangsa Romawi yang berjumlah 200.000 pasukan, melawan kaum muslimin dengan jumlah yang sangat minim, yaitu 3000 pasukan. Namun akhirnya Romawi mundur atas izin Allah.

Perang Yarmuk

Pasukan Romawi yang berjumlah 240.000 personil melawan kaum muslimin dengan 45.000 personil. Lagi-lagi kaum muslimin dihadapkan dengan peperangan sulit. Namun Allah memenangkan kaum muslimin yang dipimpin oleh Komandan Khalid bin Walid.

Konstatinopel

Puncaknya, adalah peperangan sulit melawan Kekaisaran Romawi Timur yang berada di Konstatinopel. Kaum muslimin yang dipimpin oleh Sultan Muhammad Al-Fatih berhasil menghancurkan benteng super kokoh Konstatinopel. Maka hancurlah kekaisaran Romawi dengan izin Allah.

Sungguh maha benar Allah atas janjinya, bahwa Romawi akan ditaklukan. Rasulullah bersabda, “Persia akan hancur dan tidak akan ada lagi Persia setelahnya. Romawi juga akan hancur dan tidak akan ada lagi Romawi setelahnya. (HR. Bukhari Muslim)

 

BACA JUGA: KISAH API DAN PARA NABI