Khaibar, Akhir Yahudi di Madinah

Khaibar, Akhir Yahudi di Madinah

Khaibar adalah pemukiman Yahudi setelah diusir Rasulullah dari Madinah. Mereka diusir karema berulang kali melanggar perjanjian damai dengan Rasulullah. Mereka selalu membantu musuh memerangi kaum muslimin.

Di Khaibar, kaum Yahudi membangun benteng-benteng perlindungan. Tak kurang dari sembilan benteng besar dan beberapa benteng-benteng yang lebih kecil. Benteng-benteng ini mengitari pemukiman kaum Yahudi sehingga mereka terlindung dari serangan musuh. Di Khaibar juga terdapat kebun kurma yang sangat subur.

Tahun ke-7 Hijriyah, Rasulullah memimpin pasukan untuk menyerang Khaibar. Rasulullah memerangi Yahudi karena mereka juga memerangi kaum muslimin. Kaum muslimin mengepung benteng-benteng Yahudi di Khaibar. Terjadilah pertempuran. Kaum muslimin berhasil menguasai benteng-benteng Yahudi. Kaum Yahudi berhasil dikalahkan.

Ketika Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bermaksud untuk mengusir mereka dari Khaibar, mereka memohon agar diijinkan tinggal untuk mengurus pertanian. Mereka berjanji untuk membagi hasilnya dengan kaum muslimin. Rasulullah menerima permohonan itu, tapi dengan syarat beliau berhak untuk mengusir mereka kapan saja. Akhirnya, pada masa khalifah Umar bin Khattab, Yahudi diusir dari Khaibar setelah beberapa kali berbuat kepada kaum muslimin.

Bekas-bekas benteng dan pemukiman Yahudi masih tersisa di Khaibar.

pemandangan-khaibar

Pemandangan di Khaibar.

benteng-yahudi

Benteng Yahudi di Khaibar

benteng-dan-perkebunan-kurma

Bekas benteng dan perkebunan kurma

benteng-khaibar

Benteng Khaibar

makam-syuhada-khaibar

Makam syuhada yang gugur di Khaibar

bagian-dalam-benteng

Bagian dalam benteng