Kisah Api Dan Para Nabi

kisah apii

Manusia mengenal api sejak dulu. Api digunakan untuk berbagai keperluan. Memasak, menghangatkan tubuh, maupun mengusir binatang buas. Nah, ternyata api juga tercatat dalam sejarah para Nabi. Kisahnya pun diabadikan dalam Al-Qur`an.

Api Membakar Nabi Ibrahim

Allah berfirman yang artinya:

Kami berfirman: “Hai api menjadi dinginlah, dan menjadi keselamatanlah bagi Ibrahim.” (QS. Al-Anbiya: 69)

Nabi Ibrahim menghancurkan berhala-berhala yang disembah raja Namrudz dan rakyatnya. Raja Namrudz marah. Dia yakin pelakunya adalah Nabi Ibrahim.

Nabi Ibrahim pun ditangkap. Raja Namrudz memerintahkan rakyatnya untuk membuat api unggun yang sangat besar. Lalu, Nabi Ibrahim dilemparkan ke dalam nyala api itu.

Datanglah pertolongan Allah. Allah memerintahkan api agar menjadi dingin dan menyelamatkan Nabi Ibrahim.

KISAH API DAN NABI MUSA

Nabi Musa melihat Api

Allah berfirman yang artinya:

Ketika ia (Musa) melihat api, lalu berkatalah ia kepada keluarganya: “Tinggallah kamu (di sini), sesungguhnya aku melihat api, mudah-mudahan aku dapat membawa sedikit daripadanya kepadamu atau aku akan mendapat petunjuk di tempat api itu.” (QS. Thaahaa: 10)

Ketika itu, Nabi Musa sedang dalam perjalanan bersama keluarganya. Di tengah perjalanan, mereka beristirahat karena hari sudah malam. Cuaca sangat dingin. Nabi Musa mencari sesuatu untuk menghangatkan badannya.

Beliau melihat ada api di atas bukit. Nabi Musa lalu menghampirinya. Didapatinya api itu menyala-nyala di sebuah pohon hijau.

Pada saat itulah, Nabi Musa menerima wahyu dari Allah. “Wahai Musa.–sesungguhnya aku Inilah Tuhanmu, maka lepaskanlah kedua sandalmu; sesungguhnya kamu berada di lembah yang suci; Thuwa.– Dan Aku telah memilih kamu, maka dengarkanlah apa yang akan diwahyukan (kepadamu).–Sesungguhnya Aku ini adalah Allah, tidak ada Tuhan (yang berhak disembah) selain Aku, maka sembahlah Aku dan dirikanlah shalat untuk mengingat Aku.” (QS. Thaahaa: 11-14)

 

BACA JUGA: RASULULLAH, TELADAN KASIH SAYANG