Kompor Tenaga Surya, Kompor Ramah Lingkungan

Kompor Tenaga Surya, Kompor Ramah Lingkungan

Apa yang kamu rasakan jika terkena sinar matahari di siang hari? Ya, panas. Nah, ternyata panas sinar matahari ini bisa dimanfaatkan, lho! Salah satunya, adalah untuk memasak dengan kompor tenaga surya.

Kompor tenaga surya (solar cooker) adalah kompor yang menggunakan sinar matahari sebagai sumber energinya. Prinsip dasar kompor tenaga surya adalah memusatkan cahaya matahari dan mengumpulkan energi panasnya.

Karena menggunakan tenaga matahari, kompor tenaga surya sangat ramah lingkungan. Tanpa minyak, gas, atau kayu bakar, sehingga tidak ada gas atau debu sisa pembakaran. Kekurangannya, kompor ini hanya bisa digunakan di luar rumah dengan sinar matahari yang cukup terik.

Beberapa macam kompor tenaga surya, yaitu:

» Kompor Kotak (Box Cooker) Kompor jenis ini berbentuk kotak dengan bagian dalamnya memiliki lapisan mengkilap sebagai pemantul sinar matahari.

» Kompor Parabola Berbentuk seperti antena parabola. Kompor jenis ini dapat menghasilkan panas yang tinggi seperti api, karena sinar matahari terkumpul pada satu titik.

» Panel Cooker Kompor jenis menggunakan panelpanel yang bisa dilipat, sehingga lebih praktis dan mudah dibawa. Panas yang dihasilkan cukup tinggi, tapi tidak terlalu tinggi seperti jenis parabola.

 

BACA JUGA: Katanya Bumi itu berputar, tapi mengapa kita tidak merasakannya?