Serangga Terbesar di Dunia

Serangga Terbesar di Dunia – Serangga identik dengan binatang kecil yang beterbangan, meloncat, atau merayap. Tapi, tidak semua serangga itu kecil, lho! Ada beberapa jenis serangga yang berukuran cukup besar. Salah satu serangga besar itu bernama Kumbang Titan.

Kumbang Titan

Kumbang Titan, atau Titanus giganteus adalah kumbang bertubuh besar. Panjang tubuhnya mencapai 15-18 centimeter, atau kira-kira sebesar telapak tangan orang dewasa. Wah, besar sekali, ya!

Serangga Terbesar di Dunia

Kumbang Titan ditemukan hidup di wilayah hutan Amerika Selatan, yaitu meliputi hutan di wilayah Brazil, Guyana, Peru, dan Kolombia.

Seperti serangga lainnya, kumbang Titan juga bermetamorfisis, dari telur – larva – kepompong – kumbang dewasa. Tapi, fase larva kumbang Titan tak pernah terlihat. Para ahli menduga, larva kumbang Titan hidup dan makan di dalam kayu-kayu yang membusuk di dalam tanah. Barulah setelah dewasa, kumbang Titan keluar.

Serangga Terbesar di Dunia

Ukuran tubuhnya yang besar membuat kumbang Titan tak bisa langsung terbang. Mereka harus memanjat pohon, lalu menjatuhkah diri dan terbang ke pohon lain.

3834402704_ed55f86542_b

Kumbang Titan memiliki rahang yang sangat kuat. Rahangnya mampu mematahkan sebatang pensil kayu. Rahang ini berguna untuk melindungi diri dari pemangsanya. Saat terancam, Kumbang Titan akan mendesis keras, kemudian mengigit musuhnya dengan rahangnya yang kuat. Kumbang Titan juga memiliki kaki yang kuat dan cakar yang tajam.