LAILATUL QADAR, Malam Mulia Yang Istimewa

lailatul qadar

Bulan Ramadhan adalah bulan yang sangat istimewa. Pada bulan ini, ada satu malam yang penuh kemuliaan. Kalian pasti tahu, kan? Ya, dialah Lailatul Qadar.

Allah berfirman tentang dalam mulai ini dalam Surat Al-Qadar, yang artinya:

“Sesungguhnya Kami (Allah) telah menurunkannya (Al-Qur`an) pada malam kemulian. Dan tahukan kamu apakah malam kemuliaan itu? Malam kemuliaan itu lebih baik dari seribu bulan. Pada malam itu turun malaikatmalaikat dan malaikat Jibril dengan izin Rabbnya untuk mengatur segala urusan. Malam itu (penuh) kesejahteraan sampai terbit fajar.” (QS AlQadr : 1-5)

Malam diturunkannya Al-Qur`an

Lailatul Qadar menurut bahasa berarti malam kemuliaan. Pada malam inilah Al-Qur`an pertama kali diturunkan oleh Allah subhanahu wa ta’ala. Inilah kemuliaan Laialul Qadar.

Lebih baik dari seribu bulan

Satu malam bernilai lebih dari seribu bulan. Coba kita hitung. Jika satu bulan sama dengan 30 hari, maka satu malam Lailatul Qadar bernilai [1.000 bulan x 30 hari], 30.000 hari. Masya Allah, luar biasa sekali ya!

Kapan datangnya?

Hanya Allah yang mengetahui turunnya Lailatul Qadar. Namun, Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam pernah mengisyaratkan bahwa Lalilatul Qadar turun pada sepuluh hari terakhir bulan Ramadhan.

Beliau bersabda,

الْتَمِسُوهَا فِى الْعَشْرِ الأَوَاخِرِ مِنْ رَمَضَانَ لَيْلَةَ الْقَدْرِ فِى تَاسِعَةٍ تَبْقَى ، فِى سَابِعَةٍ تَبْقَى ، فِى خَامِسَةٍ تَبْقَى

“Carilah malam lailatul qadar di sepuluh hari terakhir dari bulan Ramadhan. Bisa jadi lailatul qadar ada pada sembilan hari yang tersisa, bisa jadi ada pada tujuh hari yang tersisa, bisa jadi pula pada lima hari yang tersisa.” (HR. Bukhari no. 2021).

Semoga kita dimudahkan Allah Ta’ala untuk mendapatkan Lailatul Qadar, malam yang lebih mulia daripada seribu bulan. Aamiin…!

 

BACA JUGA: KEKUATAN ISLAM MERUNTUHKAN ROMAWI