Landak Laut, Hewan Laut Berduri Tajam

landak laut yang

Kalian tahu binatang landak? Itu lho, binatang yang bulunya seperti duri. Nah, ternyata di laut ada landak juga, lho! Tapi, apakah sama seperti landak yang hidup di darat?

Landak laut bukanlah landak yang tinggal di laut. Landak laut adalah hewan laut sejenis dengan bintang laut dan tripang. Ada lebih dari 200 spesies landak laut yang tersebar di perairan seluruh dunia. Mereka umumnya tinggal di perairan yang tenang dan memiliki banyak terumbu karang.

Landak laut aktif mencari makan di malam hari. Mereka bergerak menggunakan alat seperti kaki di bagian bawah perutnya. Mulut terdapat di bagian bawah tubuhnya. Pada mulut ada sekira lima buah gigi. Makanan utamanya adalah ganggang dan rumput laut. Namun, mereka juga memakan bangkai ikan, spons, dan kerang laut.

Landak Laut Berbahaya Karena Memiliki Racun

Tubuh landak laut berbentuk bulat dengan cangkang yang keras. Ukurannya sekira 10 – 12 centimeter. Sekujur tubuhnya ditumbuhi duri-duri. Beberapa jenis memiliki duri yang tajam dan beracun. Mungkin karena bentuknya, landak laut juga dinamai ‘bulu

babi’. Dalam bahasa Inggris disebut sea urchin.

Duri dari landak laut ini bisa melukai kaki dan menimbulkan rasa sakit karena infeksi. Beberapa jenis landak laut bahkan memiliki racun. Karena itulah, pantai dengan populasi landak laut yang cukup banyak akan diberi papan peringatan agar pengunjung lebih berhati-hati.