MADAIN SHALEH – Saksi Bisu Keberadaan Kaum Tsamud

 

Inilah kota yang terbuat dari pahatan batu. Namanya Madain Shaleh atau kota Shaleh. Kota ini pernah dithuni oleh kaum Tsamud, ribuan tahun silam.

Madain Shaleh

Kota ini juga disebut Al Hijr, yang artinya bebatuan. Sesuai namanya, kota ini berisi bangunan-bangunan yang terbuat dari bebatuan cadas yang dipahat kaum Tsamud.

Kaum Tsamud adalah kaum Nabi Shalih yang durhaka. Mereka menolak beriman kepada Allah. Mereka juga mengkhianati Nabi Shalih. Allah mengadzab mereka dengan halilintar yang sangat keras dari langit.

”Dan satu suara keras yang mengguntur menimpa orang-orang yang zalim itu, lalu mereka mati bergelimpangan di tempat tinggal mereka, seolah-olah mereka belum pernah berdiam di tempat itu. Ingatlah, sesungguhnya kaum Tsamud mengingkari Tuhan mereka. Ingatlah, kebinasaanlah bagi kaum Tshamud.” (QS Hud : 67-68).

Madain Shaleh terletak di Hijaz atau Arab Saudi, sekira 25 kilometer sebelah utara kota Al-Ula. Ia berada di dataran tinggi basal sebelah tenggara pegunungan Hijaz.

Baca juga :  Kaum yang Durhaka  

Madain Shaleh

Madain Shaleh kini menjadi salah satu situs warisan dunia (World Heritage Site). UNESCO badan pendidikan dan ilmu pengetahuan PBB pada awal juli 2008 lalu, telah mengesahkannya.

Walaupun kaum Tsamud telah binasa namun kita masih dapat melihat bangunan yang mereka bangun. Allah menyebut kaum Tsamud dan kota Madain Shaleh Dalam Al-Qur’an pada surat Al-A’raf ayat 74.