Main Petasan – Tanya Ustadz

main petasanAssalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh

Ustadz apa kabar, baik baik saja kan. Saya mau bertanya, apakah kerugiannya bermain petasan? Kata Ibuku bermain petasan kerugiannya adalah membakar uang, apa betul ustadz? Mohon dijawab.

Wassalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh

Anjas Setiawan

Temanggung

 

Jawab :

Wa’alaikumussalam warahmatullah wabarakatuh. Alhamdulillah, semoga Allah memberikan kesehatan dan penjagaan kepada kita semua.

Benar kata ibumu, membeli petasanitu tidak ada manfaatnya. Petasan justru bisa membahayaan diri dan orang lain. Bunyi petasan juga dapat mengganggu bayi, orang yang sudah tua, juga orang sakit karena mereka tidak bisa beristirahat dengan tenang.

Karena bermain petasan itu tidak berguna, maka membeli petasan itu tidak bermanfaat, seolah olah kita seperti membakar uang.

Lebih baik, kita menggunakan uang untuk sesuatu yang bermanfaat. Seperti, kita membeli makanan lalu kita bagi ke teman-teman untuk berbuka puasa. Kita akan mendapat pahala dan teman teman juga akan senang kepada kita.

Baca juga : Manakah Doa Istiftah yang Benar?

Allah telah banyak memberikan Rizki dan karunianya kepada kita. Kita bersyukur kepada Nya dengan menggunakan harta tersebut untuk sesuatu yang bermanfaat. Allah akan memberikan tambahan bila kita bersyukur;

“Sesungguhnya jika kamu bersyukur, pasti Kami akan menambah (nikmat) kepadamu, dan jika kamu mengingkari (nikmat-Ku), Maka Sesungguhnya azab-Ku sangat pedih.” (QS. Ibrahim: 2)