Masjid-masjid Bersejarah di Indonesia

Islam pernah berjaya di wilayah Indonesia. Kerajaankerajaan Islam berdiri dari Sumatera hingga wilayah timur Indonesia. Setiap kerajaan memberlakukan syariat Islam dan mendirikan masjid sebagai pusat dakwah Islam. Hingga kini, banyak masjid-masjid bersejarah yang menjadi bukti adanya kekuasaan Islam di wilayah Indonesia.

Masjid Raya Aceh

Masjid ini terletak di kota Banda Aceh. Dibangun pada tahun 1612 oleh Sultan Iskandar Muda, pemimpin Kesultanan Aceh Darussalam. Pada masa itu, Kesultanan Aceh Darussalam menguasai wilayah Aceh, pesisir barat Sumatera, hingga samenanjung Melayu (Malaysia).

Masjid ini pernah dihancurkan oleh penjajah Belanda pada tahun 1973. Kemudian dibangun lagi pada tahun 1879 dan masih berdiri hingga sekarang.

Masdjid Sultan Ternate

Kesultanan Sultan adalah peninggalan Kesultanan Ternate. Kesultanan ini didirikan oleh Baab Mashur Malamo pada tahun 1257 di Maluku bagian Utara. Kesultanan Ternate menguasai wilayah Maluku, sebagian Papua, hingga bagian selatan Filipina.

Masjid Agung Demak

 

Masjdi Agung Demak adalah peninggalan Kesultanan Demak, kerajaan Islam pertama di Jawa. Dibangun oleh Raden Patah beserta para Wali Songo di tahun 1466. Kesultanan Demak menguasai sebagian besar wilayah Jawa. Tentara Kesultanan Demak juga berjasa mengusir penjahan Portugis dari Sunda Kelapa (Jakarta).

Masjid Agung Banten

Masjid Agung Banten merupakan peninggalan Kesultanan Banten. Masjid ini dibangun masa pemerintahan Sultan Maulana Hasanuddin, putra Sunan Gunung Jati di tahun 1560.