Memanah, Sunnah yang Mengasyikkan

berlatih Memanah, Sunnah yang Mengasyikkan

Dalam perang Uhud, Rasulullah memerintahkan pasukan pemanah berjaga di puncak gunung Uhud. Pasukan pemanah bertugas mencegah musuh untuk maju. Pasukan pemanah dapat menembak musuh dari jarak jauh. Dengan tembakan anak panahnya, pasukan Islam dapat mengacau-balaukan pasukan musuh. Sehingga musuh dapat dipukul mundur.

Itulah peran pasukan pemanah dalam perang Uhud. Mereka adalah pasukan yang memiliki keahlian khusus. Mereka rajin berlatih memanah. Karena kemampuan memanah hanya bisa dikuasai jika rajin berlatih.

Nah, berlatih memanah adalah salah satu sunnah dari Rasulullah shalallahu alaihi wa salam. Artinya, jika kita lakukan dengan ikhlas, insyaallah akan bernilai ibadah dan mendapatkan pahala. Memanah adalah olah raga sekaligus permainan yang menyenangkan. Memanah adalah permainan yang paling bagus.

Rasulullah shallallahu’alaihi wasallam bersabda :

عَلَيْكُمْ بِالرَّمْيِ ، فَإِنَّهُ خَيْرٌ لَعِبِكُمْ

“Hendaknya kalian latihan melempar (memanah) karena itu permainan yang paling bagus bagi kalian.” (HR. Thabrani, Bazzar)

 

Salah seorang sahabat nabi yang bernama ‘Uqbah bin ‘Amir, bercerita:

سَمِعْتُ رَسُوْلَ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ ، وَهُوَ عَلَى المِنْبَرِ ، يَقُوْلُ  وَأَعِدُّوا لَهُمْ مَا اسْتَطَعْتُمْ مِنْ قُوَّةٍ . أَلا إنَّ اْلقُوَّةَ الرَمْيُ . ألا إنَّ القوةَ الرميُ . ألا إنَّ القوةَ الرميُ

“Aku mendengar Rasulullah shallallahu’alaihi wa sallam berkhutbah di atas mimbar tentang ayat ‘dan persiapkanlah bagi mereka al-quwwah (kekuatan) yang kalian mampu‘ (QS. Al Anfal: 60) Rasulullah bersabda: ‘ketahuilah bahwa al-quwwah itu adalah kemampuan memanah (diulang sampai 3 kali).” (HR. Muslim)

 

Jadi, memanah juga merupakan perintah Allah. Umat Islam diperintahkan untuk berlatih memanah. Tentunya jika kita mengamalkan perintah Allah dan Rasul-Nya, insyaallah ada pahala yang akan didapat.

Berlatih memanah itu mengasyikan, lho! Kita diajari untuk membidik sasaran dengan tepat. Anak-anak juga boleh berlatih memanah. Tentu saja dengan bimbingan pelatih dan dilakukan di tempat latihan khusus memanah. Agar latihan memanah menjadi lebih aman.

Rasulullah sangat senang jika ada anak-anak yang berlatih memanah. Karena jika sejak kecil sudah berlatih, kelak jika dewasa dapat ikut berjuang melawan musuh. Pahala yang didapat jika berhasil mengalahkan musuh dengan anak panahnya.

Rasulullah bersabda:

مَنْ بَلَغَ بِسَهْمٍ فِي سَبِيْلِ اللَّهِ ، فَهُوَ لَهُ دَرَجَةٌ فِي الجَنَّةِ

“Barangsiapa yang menembak satu panah yang mengenai musuh dalam jihad fii sabilillah, baginya satu derajat di surga.”

Wah, sungguh besar pahalanya, ya! Karena itu, jika kalian punya kesempatan berlatih memanah, berlatihlah dengan sungguh-sungguh. Insyaallah berpahala.