Mengajak Teman untuk Shalat -Tanya Ustadz

Mengajak Teman untuk Shalat -Tanya Ustadz

Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh

Ustadz, saya mau tanya. Bagaimana cara mengajak teman untuk shalat lima waktu? Karena banyak teman atau tetanggaku yang belum shalat lima waktu.

Itu saja ustadz, maaf jika ada kesalahan. Jazakumullah khairan.

Wassalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh

 

Kamila Shofia

MI Muhammadiyah Waikukun

Ngawi

 

Jawaban:

Wa’alaikumussalam warahmatullahi wabarakatuh

Alhamdulillah, pertanyaan Dik Kamila sangat bagus. Ustadz akan bantu menjawabnya, ya!

Sebagai sesama muslim, kita punya kewajiban amar makruf atau mengajak kepada kebaikan. Seperti kamu yang punya niat untuk mengajak teman-temanmu menjalankan kewajiban shalat lima waktu. Itu artinya kamu sedang berdakwah. Bagus sekali!

Untuk bisa mengajak mereka, tentu saja kamu harus memberi contoh dahulu. Tunjukkan kepada mereka bahwa kamu sudah menjalankan shalat lima waktu dengan teratur dan tepat waktu.

Lalu, nasihatilah teman-temanmu dengan baik. Gunakan kata-kata yang halus agar teman-temanmu terkesan dan tidak marah. Jangan memaksa dan memarahi mereka jika mereka belum mau shalat lima waktu. Mungkin mereka belum diberi hidayah oleh Allah. Sebab hanya Allah yang bisa memberi hidayah. Teruslah berusaha. Jangan menyerah.

Jangan lupa berdoa kepada Allah agar kamu diberi kekuatan dan kesabaran dalam berdakwah. Dan, agar mereka dimudahkan untuk menerima hidayah dari Allah.

Selamat berjuang. Semoga Allah memudahkanmu!