Mengapa Bintang Berkedip?

Mengapa Bintang Berkedip?

 

Lihatlah ke langit saat malam cerah. Kalian akan melihat bintang-bintang bertaburan, indah menghiasi langit. Perhatikanlah dengan cermat, bintang-bintang tersebut terlihat berkedip-kedip. Nah, mengapa bintang-bintang itu berkedip? Apakah mereka ingin menyapamu?

Tentu saja bintang-bintang tersebut berkedip bukan karena mereka ingin menyapa kalian. Kedipan bintang terjadi karena adanya pembiasan atau pembelokkan cahaya bintang oleh lapisan atmosfer bumi. Sama seperti yang terjadi pada pensil yang terlihat bengkok saat dimasukkan ke dalam air. Jika airnya bergerak, maka pensil yang terendam air pun terlihat bergerak.skema-bintang-berkelip

Saat cahaya bintang memasukki atmosfer bumi, maka cahaya tersebut akan dibelok-belokkan secara acak oleh lapisan udara yang bergerak. Akibatnya posisi bintang akan berpindah-pindah. Namun karena perubahan posisinya sangat kecil untuk dideteksi mata kita akan melihatnya sebagai kedipan.

Planet Tidak Berkedip

Nah, sekarang amati lebih cermat. Diantara jutaan bintang di langit, ada yang berukuran lebih besar dan tidak berkedip-kedip. Itulah planet. Beberapa planet yang bisa terlihat jelas dari bumi misalnya, Mars yang terlihat merah, Venus yang biasa terlihat saat senja dan fajar, serta Jupiter yang terlihat berwarna putih terang.

b-2Planet terlihat tidak berkedip karena ukuran tampaknya lebih besar daripada bintang. Jika dilihat dengan teleskop, cahaya planet terlihat seperti piringan kecil. Ukuran cahaya planet itu ternyata cukup besar sehingga tidak terpengaruh oleh pembiasan atmosfer. Sedangkan bintang terlihat seperti titik meskipun dilihat dengan teleskop yang sangat canggih, karena jaraknya yang amat jauh dari bumi. Ukuran cahaya bintang ini sangat kecil dan sangat terpengaruh pembiasan cahaya oleh atmosfer bumi.

Itulah mengapa, bintang terlihat berkedip-kedip jika dilihat dari bumi, sedangkan planet tetap diam tak berkedip.