Mengapa Kita Harus Beribadah ?

Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh

Ustadz, saya ingin bertanya, mengapa sih kita harus beribadah? Bagaimana jika kita tidak shalat dan puasa? Itu saja pertanyaan saya. Jazakumullah atas jawabannya.

Wassalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh.

 

BACA JUGA: Bolehkah Shalatnya Bolong-bolong?

 

Wa’alaikumussalam warahmatullahi wabarakatuh

Semoga Allah senantiasa memberi kita hidayah dan tafik-Nya, aamiin. Dik Abdurrahman yang shalih, kita adalah hamba ciptaan Allah. Allah berfirman,

“Dan Aku tidak menciptakan jin dan manusia melainkan supaya mereka beribadah kepada-Ku.” (QS. Adz Dzariyat: 56)

Jadi, tujuan kita diciptakan adalah untuk beribadah kepada Allah. Kita beribadah berarti kita mematuhi perintah Allah. Jika kita menolak untuk beribadah, sama saja kita menolak perintah Allah.

Beribadah juga berarti kita bersyukur kepada Allah, karena Allah telah memberikan kita banyak sekali kenikmatan. Beribadah juga bermakna kita memohon keridhaan Allah, agar selamat di dunia dan di akhirat. Lima ibadah dalam rukun Islam adalah ibadah utama yang wajib dilaksakan oleh umat Islam.

Meninggalkan shalat fardhu dan puasa di bulan Ramadhan sama saja menentang perintah Allah, karena keduanya adalah ibadah wajib dalam rukun Islam. Meninggalkannya tentu kita akan mendapatkan dosa yang sangat besar.

Oya, selain ibadah-ibadah dalam rukun Islam, banyak lagi ibadah-ibadha lain yang bisa kita lakukan. Seperti, berbakti kepada kedua orang tua, menuntut ilmu, bersedekah, menolong orang lain, dan banyak macam amal shalih lainnya. Bahkan, setiap kegiatan kita dapat diniatkan sebagai ibadah. Tidur, makan, olah raga, dan setiap perbuatan baik dapat diniatkan ibadah. Wallahu a’lam…