Mengapa Laut Bergelombang?

Mengapa Laut BergelombangMengapa Laut Bergelombang – Pernahkah kalian berwisata ke pantai? Wah, senangnya jika bisa bermain-main bersama ombak. Tapi, kalian harus berhati-hati, ya! Karena ombak di laut bisa juga berbahaya.

Eh, tahukah kalian mengapa ada ombak di laut? Ternyata, ombak di laut terbentuk karena tiupan angin.

Laut memiliki permukaan yang sangat luas. Permukaan laut berbatasan dengan udara. Udara selalu bergerak membentuk angin. Angin bertiup di atas permukaan air laut. Air laut pun bergerak membentuk gelombang.

wp-1464074168181.jpeg

Gelombang laut bergerak menuju daratan atau pantai. Gelombang akan pecah ketika menyentuh pantai. Inilah yang kita lihat dan kita nikmati saat bermain-main di pantai.

Jika anginnya kuat, gelombang laut pun semakin tinggi. Misalnya, saat terjadi badai, gelombang yang terbentuk dapat mencapai tinggi 5 – 10 meter. Gelombang laut yang tinggi sangat membahayakan kapal yang sedang berlayar.

wp-1464074150475.jpeg

Percobaan Mengapa Laut Bergelombang

Kamu bisa melakukan percobaan ini. Tuanglah air ke dalam piring. Lalu, tiuplah permukaan air. Kamu akan melihat permukaan air bergerak membentuk gelombang. Semakin kuat kamu meniup, gerakan air semakin cepat dan gelombang yang terbentuk pun semakin tinggi.

Baca juga : Mengapa ada Embun di Pagi Hari?

Gelombang tinggi juga dapat terjadi akibat gempa bumi yang terjadi di dasar laut. Gempa bumi dapat disebabkan oleh letusan gunung berapi di dasar laut. Dapat juga akibat adanya gerakan lempeng benua. Gelombang tinggi akibat gempa bumi disebut tsunami.

wp-1464074119070.jpeg

Indonesia pernah mengalami tsunami besar ketika terjadi letusan gunung Krakatau tahun 1883 dan gempa bumi di Aceh tahun 2004.