Mengenal Naga Laut (Phycodurus eques), Naga yang tidak Menakutkan

Naga laut (Phycodurus eques)

Naga Laut? Dari namanya, kalian pasti membayangkan sesosok naga yang keluar dari laut, lengkap dengan api di mulutnya. Pasti menakutkan, ya! Eh, jangan salah. Naga laut yang satu ini, sama sekali tidak menakutkan.

Naga laut yang ini adalah sejenis ikan laut. Bentuknya mirip dengan kuda laut. Dalam bahasa inggris disebut sea dragon.

Naga laut (Phycodurus eques) adb-4a dua jenis, yaitu Weedy sea dragon (naga laut berbentuk rumput laut) dan Leafy sea dragon (naga laut berbentuk daun). Keduanya bertubuh panjang, matanya dapat bergerak bebas, serta tidak memiliki gigi dan perut.

Leafy sea dragon memiliki tubuh yang seperti dedaunan berwarna hijau keemasan dan oranye. Panjangnya tubuhnya sekira 35 cm.  Sedangkan weedy sea dragon memiliki rumbai-rumbai yang lebih sedikit dengan warna khas biru terdapat di bagian atas tubuhnya. Panjang tubuhnya mencaai 45 cm.

gSeperti Hewan Laut Biasa

Naga laut memiliki punggung, dada, dan sirip yang tembus pandang. Angota tubuh itu berfungsi sebagai pendorong dan pengarah gerakan naga laut di air. Bila naga laut berenang, mereka akan terlihat seperti rumput laut yang hanyut terbawa arus air.

Naga laut hidup di sepanjang garis pantai Australia. Mereka suka berada di daerah yang banyak ditumbuhi tumbuhan laut dan koral-koral. Naga laut termasuk ikan karnivora. Mereka makan ikan kecil, lintah laut, dan udang kecil. Mereka menggunakan moncongnya untuk menghisap makanan.