Menyembelih Qurban dan Membagikan Dagingnya

Menyembelih Qurban dan Membagikan Dagingnya – Alhamdulillah, segala puji hanyalah milik Allah. Adik adik yang shaleh tau tidak?, in syaallah Kita akan bertemu dengan bulan dzulhijjah sebentar lagi. Banyak ibadah yang dilakukan oleh kaum muslimin pada bulan ini; ada yang melakukan haji dan umrah; berpuasa; shalat ‘idul adha, berqurban serta amalan amalan shaleh yang lainnya.

Menyembelih QurbanAllah sangat menyukai amal shaleh yang dilakukan di 10 hari pertama dibulan dzulhijjah ini, dan tentunya pelakunya (seorang muslim) akan dicintai pula oleh Allah. Rasulullah shallallahu’alaihi wasallam bersabda :

“Tidak ada hari dimana amal shalih pada saat itu lebih dicintai oleh Allah daripada hari-hari ini, yaitu : Sepuluh hari (yang awal) dari bulan Dzulhijjah. Mereka bertanya : Ya Rasulullah, tidak juga jihad fi sabilillah ?. Beliau menjawab : Tidak juga jihad fi sabilillah, kecuali orang yang keluar (berjihad) dengan jiwa dan hartanya, kemudian tidak kembali dengan sesuatu apapun.” (HR. Bukhari)

Termasuk diantara ibadah dan amalan yag mendekatkan diri seorang muslim kepada Rabnya adalah berqurban. Di masjid masjid sekitar kita, ketika mendekati lebaran idul adha akan dipenuhi dengan kambing dan sapi, dan kita menyaksikan ketika hewan-hewan qurban itu disembelih.

Baca juga : Doa itu Ibadah

Benar Menyembelih Qurban dan Halal Dagingnya

Tapi sudahkah adik-adik yang shaleh tau bagaimana menyembelih yang benar dalam Islam?, bila tidak benar cara menyembelihnya bisa jadi dagingnya tidak boleh kita makan, atau haram. Nah agar bisa benar menyembelihnya dan halal dagingnya mari kita pelajari cara yang diajarkan oleh Rasulullah shallallahu’alaihi wasallam dalam menyembelih hewan qur’ban :

  1. Waktunya menyembelih hewan qurban adalah setelah shalat idul adha hingga tanggal 13 Dzulhijjah (mendekati waktu waghrib). Rasulullah bersabda: “Barangsiapa yang menyembelih sebelum shalat Ied maka sesungguhnya dia menyembelih untuk dirinya sendiri (bukan qurban). Dan barangsiapa yang menyembelih sesudah shalat itu maka qurbannya sempurna dan dia telah menepati sunnahnya kaum muslimin.” (HR. Bukhari dan Muslim)
  2. Hendaknya pisau potong diasah hingga tajam, dan hewan direbahkan ke kiri serta dihadapkan ke arah kiblat. Orang yang menyembelih adalah yang berqurban, dan sebelum menyembelih membaca “bismillah, allahu akbar” bisa ditambah dengan kalimat “hadza minka walaka anni” (ini adalah qurban pemberianMu untukMu dariku), kemudian menyembelihnya tapi tidak sampai putus kepala hewan qurbannya.
  3. Bila telah selesai disembelih, dikuliti dan di potong-potong, kulitnya tidak boleh dijual dan tidak boleh diberikan sebagai upah kepda yang memotong. Dagingnya dibagikan kepada orang yang membutuhkan(faqir dan miskin), boleh dihadiahkan sebagian kepada tetangga dan kerabat serta jangan lupa dimakan sendiri sebagian dan boleh disimpan sebagiannya.

Semoga keluarga kita bisa berqurban pada bulan dzulhijjah ini..amin