Moose – Rusa Bertanduk Besar

Rusa Bertanduk Besar – Perkenalkan, inilah jenis rusa yang terbesar. Badannya besar, tanduknya pun besar. Namanya Moose.

Rusa Bertanduk Besar

Rusa yang Terbesar

Moose tergolong jenis rusa, dan dia adalah rusa yang berukuran paling besar. Moose jantan dewasa memiliki tinggi 1,5 – 2,1 meter dan berat 380 – 700 kilogram dan yang betina berukuran lebih kecil. Juga memiliki kaki depan yang lebih panjang daripada kaki belakang.

Moose jantan memiliki tanduk yang unik. Tanduk moose berbeda dengan tanduk rusa. Tanduk moose disebut melainkan antler. Antler berbentuk mirip daun palem. Panjangnya mencapai 1,5 meter dengan berat 25 kg.

b

Saat tumbuh, antler ditutupi lapisan seperti kulit. Lapisan ini menyediakan nutrisi penting saat antler masih lunak. Setelah keras, lapisan tersebut kemudian hilang. Pada musim dingin, antler moose tanggal untuk kemudian tumbuh lagi pada musim berikutnya. Berbeda dengan antler, tanduk pada rusa tidak pernah tanggal.

Baca juga : Cenderawasih Panji – Si Mungil Berbulu Panjang

Moose menggunakan antler dan kakinya yang kuat untuk mengusir musuh yang mengganggunya. Meskipun besar, moose ternyata bisa berlari hingga kecepatan 56-64 km per jam, dan mampu berenang dengan kecepatan 16-24 kilometer per jam.

c

Moose hidup di wilayah Amerika Utara, Alaska, Eropa Utara, hingga daratan Siberia (Rusia). Di Eropa, rusa besar ini disebut Elk.