Orang Munafik Musuh Dalam Selimut

orang munafik

Orang munafik adalah orang yang menyatakan diri sebagai muslim, namun sebenarnya dia sangat membenci Islam. Mereka seolaholah menjadi teman, padahal sejatinya musuh, ataumusuh dalam selimut. Orang munafik sangat berbahaya karena mereka sangat jahat.

Setelah Rasulullah berhijrah ke Madinah, kaum Aus dan Khazraj banyak yang masuk Islam. Mereka menjadi pengikut setia Rasulullah. Pasukan Rasulullah pun semakin kuat. Apalagi saat Rasulullah berhasil mengalahkan pasukan musyrikin Makkah pada perang Badar,. Pasukan Islam semakin kuat dan banyak.

Diantara penduduk Madinah, ada beberapa orang yang sangat membenci Rasulullah. Namun mereka tidak berani melawan beliau. Akhirnya mereka pura-pura masuk Islam. Setelah masuk Islam, mereka pura-pura menjadi pengikut Rasulullah. Namun, diamdiam mereka membuat rencana jahat. Mereka adalah orang-orang munafik.

BACA JUGA: SANG PANGLIMA YANG SHALIH

Setiap kali Rasulullah hendak berperang, orang-orang munafik ikut serta dalam pasukan. Di tengah perjalanan, mereka selalu berusaha melemahkan semangat pasukan Islam. Jika terdesak, mereka adalah kelompok pertama yang lari dari medan perang.

Kaum munafik terkenal dengan tiga sifat buruknya: suka berbohong, suka khianat, dan suka mengingkari janji. Mereka juga sering mengejek Rasulullah dan para shahabat saat ngobrol bersama.

Suatu ketika, seorang munafik bernama Abdullah bin Ubay bin Salul mengatakan bahwa orang mulia (maksudnya dirinya sendiri) akan mengusir orang yang hina (yaitu Rasulullah). Mendengar ejekan ini, anaknya sendiri yang bernama Abdullah marah. Abdullah menghadang ayahnya di pintu gerbang Madinah. Abdullah justru mengatakan bahwa yang hina adalah ayahnya karena telah membenci Rasulullah.

Pada kesempatan lain, seorang munafik juga mengejek Rasulullah dan para sahabat. Dia mengatakan bahwa Nabi dan para sahabat adalah manusia-manusia serakah yang berperut buncit. Lalu tak berapa lama, turunlah ayat yang mengancam dan membongkar rahasia orang-orang munafik.

Begitulah sikap buruk orang munafik. Mereka berpura-pura menjadi muslim tapi di dalam hati mereka membcin Islam. Semoga Allah melindungi kita dari kemunafikan.