orca si raja lautan

paus pembunuh

Orca sering disebut paus pembunuh atau Killer Whale. Sebenarnya, dia bukanlah paus. Orca adalah sejenis lumbalumba. Ya, Orca adalah lumbalumba terbesar dan terganas.

Bentuk tubuh Orca sama dengan lumba-lumba. Bedanya, tubuh Orca berukuran lebih besar. Ocra dewasa memiliki panjang tubuh sekira 6 – 8 meter, dan beratnya mencapai 6.000 kilogram. Pada bagian punggung terdapat sirip yang tingginya mencapai dua meter. Sedangkan bayi Orca yang baru lahir memiliki panjang 2 meter dan berat 180 kilogram.

Ciri khas Orca adalah warna tubuhnya. Bagian punggungnya berwarna hitam dan bagian perutnya berwarna putih. Di bagian atas matanya dan bagian belakang tungkai depannya ada corak putih. Terliat cantik dan lucu, kan?

Tapi, perilakunya tidak seimut bentuknya. Orca adalah mamalia laut yang ganas. Orca menjadi pemangsa bagi hewanhewan laut lainnya. Orca dibekali rahang dan gigi yang kuat, serta kemampuan berenang yang cepat. Orca dapat berenang dengan kecepatan 55 km/jam.

Orca gemar memangsa mamalia laut seperti anjing laut, singa laut, lumbalumba, bahkan hiu dan paus. Mereka juga makan ikan, cumi-cumi, dan burung laut. Mereka berburu secara berkelompok. Satu kelompok terdapat sekira 100 ekor.

Meskipun ganas, Orca tidak menyerang manusia. Seperti jenis lumba-lumba lainnya, Orca dapat bersahabat dengan manusia.

 

BACA JUGA: BEO NIAS, BURUNG PANDAI MENIRU