Owa Ungko – Primata Langka Asli Indonesia

Kita akan berkenalan dengan primata unik dari dari Indonesia, tepatnya pulau Sumatera dan Kalimantan. Dia senang bergelantungan di pohon-pohon. Di wajahnya, ada bulu-bulu berwarna putih. Perkenalkan, namanya Owa Ungko.

Owa Ungko

owa ungko 01Owa Ungko adalah jenis primata kecil dan ramping. Panjang tubuhnya sekira 40 – 60 cm dengan berat rata-rata 5 – 6 Kilogram. Ciri khas primata ini adalah adalah bulu putih pada alis, berewok, dan jenggotnya. Berewok dan alis Owa Ungko yang berwarna putih ini kontras dengan warna mukanya yang gelap. Sedangkan warna bulu tubuhnya bervariasi, ada yang berwarna cokelat kekuningan, jingga kemerahan, cokelat kemerahan, cokelat, atau kehitaman.

Baca juga : Serangga Terbesar di Duniaowa ungko 02

Owa Ungko tergolong hewan arboreal, yaitu hewan yang banyak beraktifitas di atas pohon dan jarang turun ke tanah. Mereka bergerak dari satu cabang pohon ke cabang pohon lainnya dengan menggunakan lengannya yang panjang dan kuat. Owa Ungko mampu berayun hingga sejauh 3 meter dan melompat lebih dari 9 meter. Makanan kegemarannya adalah buah-buahan, daun, dan serangga. Owa Ungko aktif menari makan pada siang hari.

Owa Ungko merupakan hewan asli Indonesia. Nama lainnya adalah Wau-wau. Dalam bahasa Inggris dikenal sebagai Agile Gibbon atau Dark-handed Gibbon. Nama latinnya Hylobates agilis. Primata ini tersebar terbatas di hutan-hutan pulau Sumatera dan Kalimantan. Tempat hidupnya adalah hutan tropis dataran tinggi maupun dataran rendah.

Sayangnya, jumlah populasi Ora Ungko terus menurun. Kini, primata asli Indonesia ini menjadi primata paling langka dan terancam punah. Jumlahnya terus berkurang akibat hilangnya habitat dan aktivitas perburuan liar. Hewan ini diburu untuk diperjualbelikan sebagai binatang peliharaan.