Pando – Tanaman Tertua dan Terbesar

56124c24ebc5dHutan biasanya memiliki banyak tanaman. Banyak jumlahnya, banyak pula jenisnya. Bagaimana jika hutan hanya memiliki satu tanaman saja? Pasti unik sekali, ya! Nah, ternyata ada lho, hutan yang hanya memiliki satu tanaman. Atau, lebih tepatnya disebut tanaman yang tumbuh menyerupi hutan. Inilah tanaman Pando.

Tanaman Pando hidup di dekat Danau Fish di Utah, Amerika Serikat. Jika dilihat, tanaman Pando tampak seperti kumpulan pohon yang sejenis. Ada sekira 40.000 batang pohon yang tumbuh setinggi 20-25 meter. Batang berwarna putih keabu-abuan. Daunnya kecil berwarna kuning kehijauan.

Tapi, di bawah tanah, semua pohon tersebut dihubungkan oleh satu sistem akar. Pohon-pohon tersebut hidup dalam satu akar yang sama. Akar ini berukuran sangat besar. Akar menjalar memenuhi area seluas 42 hektar. Pohon-pohon yang muncul ke permukaan tanah adalah tunas-tunas dari akar tersebut.e3167921087351e3bc3a65b583c9b4bf

Tunas ini terus tumbuh. Tidak seperti pohon lain yang tumbuh dari biji, pohon Pando berkembang biak dengan tunas yang tumbuh dari akar. Jika satu pohon mati, maka akan digantikan oleh tunas baru yang tumbuh di dekatnya.

aspen_362x241Jika diukur beratnya, seluruh akar dan pohon Pando memiliki berat mencapai 6.000 ton, atau 6.000.000 kilogram. Uniknya lagi, usia pohon ini sudah ratusan tahun. Karenanya, Pando dinobatkan sebagai pohon yang paling besar di dunia dan juga paling tua.