Perbagus Bacaan Al Qur’anmu

Perbagus Bacaan Al Qur’anmuPerbagus Bacaan Al Qur’anmu – Alhamdulillah, adik adik yang shalih dan shalihah memiliki hapalan alqur’an kan, atau malah sudah selesai menghafal 30 juz?,
bagi yang mau memulai menghafal atau sedang belajar membaca al qur’an ada baiknya untuk membenarkan setiap pengucapan huruf hijaiyahnya, dan jangan kecewa atau malas ketika diperintahkan ustadz atau ustadzah mengulang ulang dari huruf yang sedang dibetulkan, sehingga kalau nanti jilidnya sudah tamat dan naik ke tingkat al qur’an maka bacaanya akan lebih indah.
Dan bagi yang sudah hapal al qur’an seluruhnya atau sebagiannya, maka perbaguslah dalam membaca al qur’an, jangan cepat cepat dan tergesa gesa ketika membacanya, tapi dengan tartil (pelan) dan suara yang bagus dan indah.
Indah Dan Bagus Bacaan Al Qur’annya
Sahabat Al Bara’ bin ‘Aazib Radhiallahu’anhu berkata,

سَمِعْتُ النَّبِىَّ – صلى الله عليه وسلم – يَقْرَأُ ( وَالتِّينِ وَالزَّيْتُونِ ) فِى الْعِشَاءِ ، وَمَا سَمِعْتُ أَحَدًا أَحْسَنَ صَوْتًا مِنْهُ أَوْ قِرَاءَةً

“Aku pernah mendengar Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam membaca surat Ath Thiin (wath thiini waz zaituun) ketika shalat Isya, maka aku belum pernah mendengar suara yang paling indah daripada beliau atau yang paling bagus bacaannya dibanding beliau.” (HR. Bukhari dan Muslim)

Diantara sahabat juga ada yang suaranya indah dan bagus, sampai sampai Rasulullah shallallahu’alaihi wasallam memujinya dan senang mendengarkannya, yaitu sahabat Abu Musa al asy’ari radhiallahu’anhu.

Perintah Untuk Memperbagus Dan Memperindah Bacaan Al Qur’an

زَيِّنُوا الْقُرْآنَ بِأَصْوَاتِكُمْ

Hiasilah al-Quran dengan suara kalian. (HR. Ahmad)

لَيْسَ مِنَّا مَنْ لَمْ يَتَغَنَّ بِالْقُرْآنِ

“Siapa yang tidak memperindah suaranya ketika membaca al-Quran, maka ia bukan dari golongan kami.” (HR. Abu Daud dan Ahmad)

Dengan memperbagus bacaan alqur’an, berarti kita mematuhi perintah Rasulullah sahallallahu’alaihi wasalam dan kita akan dimasukkan oleh rasulullah shallallahu’alaihi wasallam menjadi golonganya.

Maksud Dari Memperindah Dan Memperbagus Bacaan Al Qur’an

Memperbagus bacaan alqur’an adalah dengan membenarkan setiap huruf alqur’an yang kita baca, benar panjang pendeknya dan sesuai dengan ilmu tajwid, tidak menambah atau menyamarkan satu huruf atau lebih, serta ketika membaca al qur’an suaranya bisa menghadirkan kekhusyukan bagi yang membaca ataupun yang mendengarkan.

Jadi memperbagus bacaan alqur’an tidak hanya berhenti pada perbaikan huruf dan tajwidnya, akan tetapi juga memahami maknanya sehingga ketika membaca ayat ayat yang mengkisahkan neraka dan penduduknya bisa merasa takut dan sedih dan bila membaca ayat ayat yang mengkisahkan jannah dan penduduknya kita bisa merasa rindu dan berharap termasuk ke dalam golongannya.

Dan hati hati ya, jangan sampai kita membaca alqur’an tapi dengan nada lagu atau musik tertentu yang biasa didendangkan oleh orang orang yang suka menyanyi, Seperti lagu lagu jawa atau lagu lagu moderen hari ini.