Pico Cão Grande – Gunung Unik dari negara Unik di Afrika

Afrika memang penuh dengan keunikan. Di sana, ada sebuah gunung nan unik. Bentuknya mirip gedung pencakar langit. Orang menyebutnya Pico Cão Grande.

Dari kejauhan, Pico Cão Grande terlihat seperti menara batu. Bentuknya tinggi menjulang. Jika diukur dari kaki gunungn tingginya hanya 300 meter. Namun, jika dihitung dari muka air laut, tinggi gunung ini mencapai 663 meter. Kemiringan tebingnya lebih dari 80 derajat, hampir tegak lurus. Puncaknya tertutup oleh awan.

Dalam bahasa Inggris, Pico Cão Grande berarti Great Dog peak. Gunung unik ini terletak di negara yang unik pula, yaitu Republik Demokratik Sao Tome dan Principe. Negara ini hanya terdiri dari dua pulau, yaitu pulau São Tomé dan pulau Príncipe. Keduanya berada di perairan Teluk Guinea, Afrika Tengah.

Pico Cão Grande berada di pulau São Tomé. Tepatnya berada di wilayah Taman Nasional Obo, di bagian selatan pulau São Tomé.

Ensiklopedia Britannica mendefinisikan gunung sebagai sebuah bentuk tanah yang menonjol di atas wilayah sekitarnya. Tumpukan tanah biasanya memakan ruang yang luas. Syarat kedua, bisa disebut gunung bila tingginya lebih dari 2000 kaki (610 m).

Di Afrika, ada sebuah struktur menjulang nan unik. Orang menyebutnya Pico Cão Grande. Inilah gunung yang bentuknya tinggi seperti menara.

Mengacu pada syarat yang ditetapkan ensiklopedia, apakah Pico Cão Grande, atau Great Dog peak bisa disebut gunung? Bila diukur dengan daerah sekelilingnya hanya 300 meter, namun ukuran sesungguhnya  663 meter diatas permukaan laut. Maka masuk dalam kategori gunung, walau tak aktif.

Pico Cão GrandePico Cão Grande menjadi gunung unik karena kecuramannya di atas 80 derajat, layaknya sebuah gedung, gunung ini tidak memiliki kemiringan dalam ketinggiannya hingga disebut needle-shaped mountain.

Gunung ini adalah “plug vulkanik” di Bumi. Lebih mengesankan dari Devils Tower di Wyoming (386 m), karena gunung ini lebih curam dan kurus. Meskipun demikian, lebih sulit untuk memotret gunung ini dibandingkani Devils Tower: Puncaknya sering tersembunyi oleh awan atau hujan.

Tertarik mengunjunginya? Datanglah ke Republik Demokratik Sao Tome dan Principe, yakni negara pulau yang berbahasa Portugis terletak di Teluk Guinea, di lepas pantai barat khatulistiwa Afrika Tengah. Kira-kira 225 kilometer  lepas pantai barat laut Gabon.

Negara 2 Pulau

Negara ini hanya terdiri  dari dua pulau: São Tomé dan Príncipe, terpisah sekitar 140 kilometer (87 mil). Kedua pulau ini adalah bagian dari rangkaian pegunungan yang tidak aktif. São Tomé, pulau selatan yang cukup besar, terletak tepat di utara khatulistiwa. Diberi nama untuk menghormati Santo Thomas dengan penjelajah Portugis yang tiba di pulau itu pada hari perayaannya.

Di pulau ini terdapat sebuah daerah kecil di bagian selatan yang dijadikan Daerah Taman Nasional. Daerah dilindungi tersebut  memiliki banyak banyak satwa dan tumbuhan langka. Nah, di dalam taman nasional inilah Pico Cão Grande berada.

‘Pico Cao Grande adalah sebuah bentuk tanah yang menonjol keatas di negara Sao Tome dan Principe. Pico Cao Grande berada di bagian selatan pulau São Tomé di dalam Taman Nasional Obo.

Oleh ahli Geologi Pico Cao Grande tidak disebut gunung, tapi hanya disebut tumpukan tanah ,karena untuk disebut gunung disebut gunung adalah harus memiliki ketinggian lebih dari 610 m dari tanah disekitarnya.

Keunikan Pico Cao Grande ada pada bentuknya yang seperti menara. Pico Cão Grande, Gunung Unik Yang Seperti Menara Pico Cão Grande atau bisa disebut Great Dog peak masuk dalam kategori gunung yang tidak aktif. Memang gunung ini memiliki ukuran hanya 300 meter dari tanah sekelilingnya, namun ketinggian sebenarnya adalah 663 mdpl[1].

Pico Cao Grande ini memiliki kecuraman di atas 80 derajat, jadi gunung ini nampak seperti menara atau sebuah gedung yang tidak memiliki kemiringan dalam ketinggiannya hingga disebut needle-shaped mountain. Pico Cao Grande ini adalah “vulcanic plug” di Bumi. Pico Cao Grande lebih curam dan kurus. Puncak Pico Cao Grande ini sering diselimuti oleh awan atau hujan[2].