Pohon Kendal, Semua Bagiannya Bermanfaat

Pohon Kendal, Semua Bagiannya Bermanfaat

 

Di Jawa Tengah, ada kota bernama Kendal. Ternyata, ada juga sebuah tanaman yang bernama “Kendal”.

Tanaman Kendal (Cordia dichotoma)  adalah tanaman asli wilayah Asia. Tumbuh menyebar dari China, Jepang, Asia Tenggara, termasuk Indonesia.

Di Indonesia tanaman ini memiliki beberapa nama, seperti Nunang (Sumatera Barat), Kai Nunak Tatasinunang (Timor), Toteolo (Halmahera), Lantolo (Gorontalo), dan Cena (Bugis). Sedangkan di luar negeri dikenal dengan fragrant manjack, glue berry, bird lime tree, Indian cherry, Gunda (India), dan phoà-pò·-chí (Taiwan).

02Pohon Kendal tergolong tanaman perdu. Batangnya pendek. Cabang-cabangnya menyebar.  Kulit batangnya berwarna coklat pucat dan keriput. Daunya berseling-seling, berbentuk lonjong hingga bulat telur, dan berwarna hijau. Ujung daunnya meruncing dengan tepi agak berombak.

Bunganya berwarna putih kekuningan. Tumbuh dari ketiak daun. Sedangkan buahnya berbentuk bulat kecil dan bergerombol. Berwarna putih kekuningan hingga orange. Buah yang matang berwarna merah muda.

Semua Bagiannya Bermanfaat

c-2Meskipun kurang dikenal, tapi tanaman Kendal dapat dimanfaatkan juga, lho! Kulit batang, daun, dan buahnya dapat dijadikan obat. Kulit kendal dapat untuk obat penyakit kulit. Air rebusan kulitnya dapat untuk obat demam dan sakit kepala. Tumbukan daunnya dapat dijadikan obat anti radang dan kompres. Sedangkan buahnya dapat dijadikan obat batuk dan sesak nafas.