Pulau Fraser – Pulau Pasir Terbesar di Dunia

Panorama-Fraser-IslandSatu lagi, pulau unik di dunia. Namanya Pulau Fraser, pulau pasir terbesar di dunia.

Pulau unik ini terletak di timur Australia sekitar 200 kilometer utara kota Brisbane, di negara bagian Queensland. Membentang sejauh 175 km dari utara ke selatan. Tak ada tanah di pulau ini. Hanya ada hamparan pasir yang melingkupi wilayah seluas 123 km persegi.Fraser_island_locator_map.svg

Pantai di Pulau Fraser sangat indah. Hamparan pasir putih mengelilingi pulau. Air lautnya sangat jernih. Namun, di beberapa tempat pantainya sangat berbahaya. Banyak hiu ganas yang siap memangsa orang yang nekat berenang. Ada juga buaya air asin dan ubur-ubur beracun yang berbahaya. Kadang ombaknya pun sangat tinggi.

Selain pantai, pulau Fraser juga memiliki hutan alami yang cukup lebat. Hutan ini tumbuh di bagian tengah pulau. Di dalam hutan, ada sekira 100 danau berair jernih. Bukit tertingginya mencapai 240 meter dari permukaan laut. Di pulau ini banyak laba-laba beracun. Ada juga Anjing Dingo yang sering menyerang manusia.

fraser-island-02Untuk menjaga kelestariannya, Pulau Fraser dimasukkan ke dalam wilayah Taman Nasional Great Sandy. Dan karena keunikannya, pulau ini dimasukkan ke dalam daftar Situs Warisan Dunia pada tahun 1992.