Rahasia Busa Sabun

Rahasia Busa Sabun

Hayo, siapa yang suka bermain gelembung sabun? Permainan yang murah dan mudah dilakukan. Tinggal pakai air sabun dan sedotan. Jadilah gelembung-gelembung kecil nan indah. Tapi, bagaimana gelembung sabun bisa terbentuk, ya? Yuk, kita cari tahu!

Gelembung sabun hanya bisa terbentuk dari campuran air dan sabun. Bisa sabun colek, sabun cuci piring cair, maupun deterjen. Sabun berfungsi untuk melindungi lapisan air.

Sabun terdiri dari dua  bagian. Bagian yang senang dengan air dan bagian yang senang dengan minyak. Pada gelembung sabun, lapisan tipis air dilapisi oleh lapisan tipis sabun. Bagian yang senang air pada sabun akan menangkap molekul air, sedangkan bagian yang senang minyak akan berhadapan dengan udara. Seperti gambar berikut;a

Mengapa bulat?

Saat ditiup, udara akan menekan lapisan air dan sabun. Tekanan udara ini memaksa lapisan air dan sabun untuk mengembang ke segala arah agar tekanan udara menjadi sama dengan tekanan udara luar. Nah, karena lapisan air dan sabun tersebut tidak terhalang, maka terbentuklah gelembung yang bulat.

Semakin banyak udara yang kita tiupkan, semakin besar gelembung yang akan terbentuk. Namun, pada suatu saat, gelembung tersebut akan pecah, karena lapisan air menjadi semakin tipis dan tak kuat lagi menahan tekanan udara dari dalam.

bEh, ada warnanya!

Gelembung sabun terlihat berwarna indah. Ini terjadi karena adanya pembelokan cahaya oleh lapisan tipis gelembung sabun. Setiap cahaya yang datang akan dipantulkan oleh dua buah permukaan: permukaan sisi luar gelembung dan permukaan sisi dalam gelembung. Mata kita menangkap kedua cahaya pantulan itu. Masing-masing pantulan cahaya tersebut merupakan memiliki panjang gelombang berbeda dan menghasilkan warna yang berbeda pula. Jadilah, mata melihatnya sebagai cahaya yang berwarna-warni.