Rahasia Kipas Angin

Saat udara gerah, paling enak memang mencari yang sejuk-sejuk. Cara yang paling mudah adalah mengipas-ngipas tubuh kita, atau bisa juga menggunakan kipas angin. Tapi, mengapa kadang-kadang kipas angin juga terasa panas,  ya?

kipas anginBenarkah kipas angin dapat mendinginkan udara?

Sebenarnya, kipas angin tidak dapat mendinginkan udara. Kipas angin hanya bisa menggerakkan udara, atau dengan kata lain, menimbulkan aliran angin. Udara bergerak menuju tubuh kita. Tubuh kita pun serasa seperti tertiup angin.

Tapi, tubuh mengapa terasa lebih dingin jika terkena kipas angin?

Tubuh kita senantiasa mengeluarkan panas untuk menjaga suhu tubuh tetap stabil. Suhu tubuh kita yaitu sekira 36 – 37 derajat Celsius. Sebagian panas keluar melalui permukaan kulit, sehingga terbentuklah semacam lapisan panas di permukaan kulit. Inilah yang membuat kita merasa gerah.

Secara umum, suhu di luar tubuh kita lebih rendah, yaitu sekira 27 derajat Celsius. Itulah sebabnya, ketika ada angin di permukaan kulit, kita akan merasa lebih sejuk, karena udara panas di permukaan kulit tergantikan oleh udara dingin dari udara sekitar kita.

Inilah kerja kipas angin yang sebenarnya, yaitu meniupkan udara ke permukaan kulit kita. Jika udara  yang dialirkan sejuk, maka tubuh kita pun merasa sejuk. Jika udara dingin, maka tubuh kita pun merasa dingin.

Demikian juga saat udara panas, kipas angin tetap tidak bisa mendinginkan udara. Udara yang dialirkan ke tubuh kita juga tetap udara panas. Jadi, udara panas di permukaan kulit kita digantikan juga oleh udara panas. Akibatnya, kita tidak merasa lebih sejuk.

Ingin udara dingin, gunakan AC

Alat yang benar-benar bisa mendinginkan ruangan adalah AC. AC memiliki kompresor yang bisa menurunkan suhu udara, sehingga angin yang keluar dari AC benar-benar bersuhu dingin.