Raih Pahala dari Makanan

Raih Pahala dari Makanan

Adik-adik, siapa diantara kalian yang pernah atau suka membawa bekal ke sekolah? Wah, hampir semua pernah membawa bekal ke sekolah. Ada yang membawa bekal makanan ringan, bekal makan siang, juga bekal minuman. Sangat istimewa, jika bekal yang kita bawa adalah masakan ibu. Pasti terasa lebih lezat.

Jangan lupa bersyukur kepada Allah. Ucap alhamdulillah, kalian masih diberi nikmat berupa makanan dan minuman. Kalian bisa tiga kali sehari. Ditambah makanan kecil dan cemilan yang disantap sewaktu-waktu. Juga minuman yang segar, atau sekadar air putih. Semua harus disyukuri. Karena hanya Allah yang memberi kita rezeki.

Nah, adik-adik, makanan yang dianugerahkan kepada kita juga bisa menjadi sumber pahala, lho! Caranya, dengan berbagi makanan dengan saudara-saudara, teman-teman, tetangga, dan orang-orang di sekitar kita.

Berbagi makanan adalah amal shalih yang sangat disukai oleh Rasulullah. Rasulullah shallallahu’aalihi wasallam memberikan kabar gembira bagi orang yang gemar berbagi makanan. Mereka akan dianugerahi jannah.

قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ إِنَّ فِي الْجَنَّةِ غُرْفَةً يُرَى ظَاهِرُهَا مِنْ بَاطِنِهَا وَبَاطِنُهَا مِنْ ظَاهِرِهَا أَعَدَّهَا اللَّهُ لِمَنْ أَطْعَمَ الطَّعَامَ وَأَلَانَ الْكَلَامَ وَتَابَعَ الصِّيَامَ وَصَلَّى وَالنَّاسُ نِيَامٌ

Rasulullah Shallallahu’alaihiwasallam bersabda: “Di dalam jannah ada sebuah kamar yang luarnya terlihat dari dalamnya dan dalamnya terlihat dari luarnya yang Allah sediakan untuk siapa saja yang memberi makan, memperlembut pembicaraan, selalu berpuasa dan shalat ketika manusia sedang tidur.” (HR. Ahmad, Tirmizi)

Jadi, jika kalian punya tetangga yang kekurangan, berbagilah dengan mereka. Berikan mereka makanan yang sama seperti yang kalian makan. Jika membawa bekal, jangan lupa berbagi dengan teman-temanmu. Insyaallah, amal shalih kalian akan diganjar dengan pahala dari Allah.

Meraih Pahala dari Binatang

Allah juga memberikan pahala kepada manusia yang mau memberi makanan kepada binatang. Pernah suatu ketika, Rasulullah mengkisahkan seseorang yang diampuni Allah dosa dosanya karena memberi minum anjing yang kehausan. Beliau bersabda:

“Ada seorang laki-laki sedang berjalan. Dia merasa sangat kehausan. Lalu dia turun ke sumur dan minum. Ketika dia keluar, ternyata ada seekor anjing sedang menjulurkan lidahnya menjilati tanah basah karena kehausan. Dia berkata, ‘Anjing ini kehausan seperti diriku.’ Maka dia mengisi sepatunya dan memegangnya dengan mulutnya, kemudian dia naik dan memberi minum anjing itu. Allah berterima kasih kepadanya dan mengampuninya.” Para sahabat bertanya, “Ya Rasulullah, apakah kita bisa meraih pahala dari binatang?” Beliau menjawab, “Setiap memberi minum pada hewan akan mendapatkan ganjaran.” (HR. Bukhari dan Muslim)

Jadi, jika kebetulan kalian menemukan binatang yang kehausan atau kelaparan, kalian bisa memberinya makanan atau minuman.

Makanan kita memang berkurang, jika sebagian diberikan kepada orang lain. Tapi, jangan kuatir. Insyaallah, Allah akan memberikan gantinya dengan berlipat ganda. Bila sesorang bersyukur kepada Allah dengan memberikan sebagian miliknya kepada yang lain, maka Allah akan memberikan tambahan nikmat kepadanya.

Makanan yang kita makan hanya bermanfaat bagi tubuh kita saja. Menjadi tenaga dan menambah ukuran badan. Tapi, makanan yang kita berikan kepada orang lain, akan menjadi tabungan pahala hingga di akhirat nanti. Semoga kita dimudahkan Allah untuk berbagi makan dengan teman kita, sehingga kita mendapatkan ampunan atas dosa dosa dan dimasukkan ke dalam surgaNya. Allahumma amin