Raih Pahala dengan Doa

raih pahala dengan doa, majalah anak islam adzkia

Setiap hari kita berdoa. Ada doa-doa harian, seperti doa bangun tidur, doa sebelum dan sesudah makan, doa keluar rumah, dan sebagainya. Ada juga dzikir dan doa sesudah shalat. Dan, bermacam doa-doa lainnya. Insyaallah, kalian sudah banyak menghafalnya.

Berdoa adalah memohon kepada Allah. Saat kita sedih, kita memohon kepada Allah agar diberi kebahagiaan. Saat kita takut, kita memohon agar Allah memberikan ketenangan. Kita berdoa karena kita tahu hanya Allah yang bisa mengabulkan doa dan permohonan kita.

Berdoa juga memiliki manfaat dan keutamaan, lho! Diantaranya…

Doa adalah Ibadah

Allah subhanahu wa ta’ala berfirman, yang artinya:

“Berdoalah kepadaKu, niscaya akan Kuperkenankan bagimu. Sesungguhnya orang-orang yang menyombongkan diri dari menyembah-Ku akan masuk Neraka Jahannam dalam keadaan hina dina”. [QS. Ghafir : 60].

Allah subhanahu wa ta’ala memerintahkan kita berdoa, artinya doa adalah salah satu perintah Allah. Kita berdoa berarti kita melaksanakan perintah Allah.

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda;

“Tidak ada sesuatu yang paling mulia di sisi Allah daripada doa.” [HR. AtTimidzi]

Berdoa dapat menghindarkan kita dari kemurkaan Allah

Berdoa kepada Allah berarti kita mengakui hanya Allah yang mampu mengabulkan doa kita. Allah sangat senang jika ada hamba-Nya yang memohon kepada-Nya. Dan. Allah akan murka kepada orang yang enggan berdoa, karena dia adalah orang yang sombong dan merasa tidak membutuhkan Allah.

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda;

“Barangsiapa yang tidak meminta kepada Allah, maka Allah akan memurkainya”. [Sunan At-Tirmidzi, bab Do’a 12/267-268].

Orang yang paling lemah adalah orang yang tidak mampu berdoa 

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda;

“Orang yang lemah adalah orang yang meninggalkan berdoa dan orang yang paling bakhil adalah orang yang bakhil terhadap salam”. [HR. Al-Haitsami, dan dishahihkan Al-Albani].

Doa dapat menjadi tabungan akhirat

Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam bersabda, yang artinya;

“Tidaklah seorang muslim memanjatkan doa pada Allah selama tidak mengandung dosa dan memutuskan silaturahmi (antar kerabat) melainkan Allah akan beri padanya tiga hal: [1] Allah akan segera mengabulkan do’anya, [2] Allah akan menyimpannya baginya di akhirat kelak, dan [3] Allah akan menghindarkan darinya kejelekan yang semisal.” Para sahabat lantas mengatakan, “Kalau begitu kami akan memperbanyak berdo’a.” Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam lantas berkata, “Allah nanti yang memperbanyak mengabulkan doa-doa kalian.” (HR. Ahmad]