Rainbow Mountain, Gunung yang berwarna-warni

Rainbow Mountain

Apa warna gunung jika dilihat dari kejauhan? Biru, warna yang menjeyukkan mata. Tapi, di China ada sebuah pegunungan yang terlihat sangat indah berwarna-warni menyerupai pelangi. Di sini, kita bisa menikmati indahnya alam ciptaan Allah yang Mahakuasa.

abc2

Pegunungan ini sering disebut Rainbow mountain atau gunung pelangi.  Pegunungan ini terhampar di Zhangye Danxia Landform Geological Park, di wilayah provinsi Gansu, China. Luasnya mencapai 74 ribu hektar.

Menurut para ahli, proses terbentuknya Rainbow Mountain ini telah dimulai sejak 24 juta tahun lalu. Pegunungan indah ini terdiri dari berbagai bebatuan vulkanik dan mineral. Tetapi, tidak dijelaskan bagaimana proses terjadinya lapisan bebatuan menjadi berwarna-warni.

b

Untuk dapat menikmati pemandangan Rainbow Mountain, pengunjung bisa menaiki bukit khusus dengan anak tangga dan jalan setapak yang disediakan. Dari sini, pengunjung dapat melihat hamparan pegunungan dengan corak pelangi yang indah. Garis-garis warnanya begitu nyata. Oranye, putih, kuning, merah, hijau, dan biru membekas di bebatuan, serupa arsiran pensil warna.

Pada tahun 2010, pegunungan Zhangye Danxia ditetapkan sebagai Wold Herritage atau situs warisan dunia oleh UNESCO.