Rubah merah atau Red Fox (Vulpes vulpes)

rubah merah

Nama binatang ini adalah Rubah merah atau Red Fox (Vulpes vulpes). Jenis terbesar dan paling banyak populasinya diantara bangsa rubah.

Bentuk kepala rubah sangat khas. Kepalanya memanjang dengan bagian moncong yang sempit. Tubuh ramping dengan ekor yang panjang, kaki yang pendek, serta telinga yang besar.

Rubah merah adalah jenis rubah terbesar. Namun ukuran tubuh sebenarnya tidaklah terlalu besar. Beratnya tubuhnya hanya 14 kilogram. Panjang badan rubah merah rata-rata 90 centimeter. Ekornya berbulu lebat dan melebar. Panjang ekornya sekira 50 centimeter. Telinganya menjulang setinggi 12 centimeter.

Rubah merah atau Red Fox

Rubah merah memiliki bulu lebat, panjang, dan sangat lembut. Dinamai Rubah merah karena warna bulunya yang terlihat berwarna merah. Rubah merah juga memiliki penglihatan dan penciuman yang tajam, meskipun tidak setajam anjing.

Rubah merah tergolong binatang karnivora nokturnal. Mereka aktif berburu mangsa pada malam hari. Makanannya adalah hewan-hewan kecil, seperti tikus, tupai, kelinci, reptil, dan burung. Kadang-kadang mereka juga memakan dedaunan dan buah-buahan untuk membantu pencernaan.

c

Namun, mereka juga memiliki pemangsa yang siap mengejar. Seperti elang, kucing hutan, serigala, dan lainnya.

Rubah merah banyak hidup di belahan bumi utara, di sekitar lingkaran Arktik kutub utara, Amerika Utara, dan Eropa. Namun, ada juga yang hidup di Afrika Utara, Amerika Tengah, dan wilayah Asia. Populasi rubah sangat banyak, sehingga tidak tergolong binatang yang dilindungi.