Sayangi Ayah & Bunda, Doakan Keduanya

Sayangi Ayah & Bunda, Doakan Keduanya

Anak shalih itu rajin shalatnya. Anak shalih itu gemar membaca Al-Quran. Anak shalih itu giat belajarnya. Anak shalih itu berbakti kepada orang tuanya. Anak shalih itu menghormati gurunya. Anak shalih itu menyayangi adik dan kakaknya. Anak shalih itu…

Pokoknya, anak shalih itu baik, deh! Segala kebaikan ada pada anak yang shalih. Anak shalih disukai semua orang. Anak shalih lebih dicintai oleh orang tua. Karenanya, semua orang tua berharap anaknya menjadi shalih. Kalian juga, tentu berharap sama, kan?

Setiap kamu, mempunyai ayah dan ibu. Keduanya disebut orang tua. Lewat mereka, Allah menciptakan kamu. Lewat mereka, kamu dilahirkan ke dunia ini.

Betapa payahnya sang bunda mengandung, hingga melahirkan kamu. Betapa gagahnya, sang ayah menjaga dan membesarkan kamu. Hingga menjadi kamu hari ini. Peran keduanya sungguh luar biasa. Tidak mungkin bisa dilupakan jasa-jasanya.

Berbahagialah ketika hari ini kamu dan kedua orang tuamu sehat dah bugar. Bersama merasakan kasih dan sayangnya. Sungguh, kebaikan keduanya tak kan pernah bisa dibalas sempurna. Tak mungkin bisa kamu bayar lunas. Kebaikan yang sangat panjang tak berujung.

Karenanya, biasakan mendoakan kedua orang tuamu. Agar dijaga kesehatannya. Agar meningkat ibadahnya. Agar bertambah sukses dunia dan akhiratnya. Betapa indahnya jika kamu selalu mendoakan kedua orang tuamu. Setiap hari, setiap waktu.

Lebih indah lagi jika ada doa yang menyertai setiap aktifitasnya. Juga ada pujian atas segala kebaikan yang dilakukan. Sejak keduanya bangun tidur, hingga menjelang tidur di malam hari.

Di pagi hari. Sapalah keduanya, sematkan doamu,

“moga ayah bunda sehat, dan Allah selalu menjagamu.”

“moga ayah bunda bahagia, dan Allah mudahkan segala urusan.”

Pagi-pagi. Ibumu sibuk menghidangkan sarapan pagimu. Kemudian, semua telah siap duduk melingkar. Mari sematkan pujian dan doamu untuk ibu,

“terima kasih ibu, pasti Allah membalasmu berlipat kebahagiaan.”

Saat abi hendak pergi ke kantor, atau berangkat untuk bekerja, maka sampaikan doa untuknya,

“hati-hati abi, moga Allah memberikan rizki terbaik-Nya.”

Ketika kamu pergi ke sekolah, meninggalkan umi di rumah. Segera sematkan doa terbaikmu untuk umi tercinta,

“Assalamu ‘alaikum, Umi. Semoga Allah selalu menjagamu.”

Pulang sekolah, bunda manyambutmu. Doakanlah,

“Ya Allah lipat gandakan semua kebaikan bunda. Berilah balasan lebih. Yang banyak. Banyak sekali.”

Sambutlah ayahmu yang baru pulang kerja.

“Ayah, moga Allah membarakahi hari-harimu. Terima kasih, engkau telah berbagi untuk kami. Kerja kerasmu akan dibalas Allah. Pasti.”

Ibumu yang selalu mencucikan pakaianmu, sepatumu. Membersihkan kamar tidurmu. Katakan kepadanya, “moga Allah mengampuni segala dosanya. Dosa sebanyak debu di kamar ini sekalipun.”

Barakallah fiek. Dan yang pasti, doamu untuk kedua orang tuamu setiap hari. Setiap waktu. Utamanya, usai setiap shalat fardhumu. Sematkan dalam zikir dan wiridmu. Semoga Allah juga menganugerahkan keshalihanmu. Amien.

رَبِّ اغْفِرْلِي وَلِوَالِدَيَّ وَارْحَمْهُمَا كَمَا رَبَّيَانِي صَغِيْرًا