Sedalam Apa Manusia Mampu Menggali Bumi?

penggalian

Perhatikan orang yang menggali atau mengebor sumur. Mungkin kalian pernah membayangkan, jika menggali terlalu dalam akan menembus sisi bumi yang lainnya. Bukankah bumi itu bulat? Tapi, seberapa dalam kita mampu menggali bumi?

Manusia sudah menggali bumi sejak lama. Misalnya menggali tanah untuk membuat sumur. Sumur gali bisa mencapai 10 hingga 15 meter. Sumur bor dalamnya 30 hingga 100 meter.

Kedalaman Untuk Menggali Minyak Bumi

Untuk mencari minyak bumi, batubara, atau emas, manusia harus menggali bumi lebih dalam. Tambang Freeport digali sedalam 1.000 meter. Sedangkan sumur minyak bumi bisa sedalam 3000 hingga 6000 meter.

Tapi, seluruh galian itu tidaklah terlalu dalam dibandingkan diamter bumi yang mencapai 12.756 kilometer atau lebih dari 12 juta meter. Bahkan, penggalian yang dilakukan manusia belum mencapai batas lapisan kerak bumi yang tebalnya kira-kira 32 km. Kerak bumi adalah lapisan paling atas bumi, yang kita pijak sehari-hari ini.

Penggalian paling dalam yang dilakukan manusia adalah sedalam 12.262 meter, yaitu di “Kola Superdeep Borehole”, Rusia. Pengeboran itu dimulai pada tahun 1970 hingga 1994. Hingga kini, belum ada lagi yang berusaha menggali bumi lebih dalam.

Jika dibandingkan, kedalaman Kola Superdeep Borehole hanya 1:1000 dibandingkan diamter bumi. Gambarannya, kalau kamu punya penggaris satu meter, maka Kola superdeep Borehole itu hanya satu milimeter saja. Jadi, masih sangat jauh untuk bisa menembus bumi!

 

BACA JUGA: BAGAIMANA BISA LAYANG-LAYANG TERBANG?