Semut Bulldog, Semut Besar dan Berbahaya

semut bulldog

Kita mengenal semut sebagai serangga kecil yang tidak berbahaya. Gigitannya hanya bikin gatal di kulit. Tapi berbeda dengan semut yang satu ini. Namanya semut banteng, atau Bulldog Ant. Inilah semut yang paling ganas dan agresif.

Semut banteng adalah semut besar dari golongan Myrmecia. Ukuran tubuhnya cukup besar. Panjangnya bisa mencapai 3 – 4 sentimeter. Semut ini memiliki rahang yang panjang, lurus, kuat. Satu lagi, sengatannya sangat berbahaya karena mengandung racun. Mereka menggunakan rahangnya yang menyerupai cakar untuk mengambil makanan, menghancurkan mangsa dan untuk mengusir predator.

Ciri Khas Semut Bulldog

Semut banteng banyak ditemukan di Australia. Jenisnya mencapai 90 spesies. Ciri khas semut ini adalah adanya warna merah atau oranye terang di kepala atau perutnya. Mereka memakan nektar dari tanaman dan juga memangsa serangga.

Mereka dinamakan semut banteng atau bulldog ant karena cengkraman rahangnya yang kuat dan gigitan yang buas. Mereka bisa menyerang siapa saja yang mengganggu sarangnya. Mereka mencengkeram mangsa menggunakan rahangnya, lalu meringkukan perutnya untuk menyengat dan menyuntikkan racun ke tubuh korbannya.

Jadi, hati-hati dengan semut banteng ini, ya…!

 

BACA JUGA: MONYET KEDIH, PRIMATA BERAWAJAH SEDIH