Sisa Letusan Dahsyat Gunung Pinatubo

Letusan gunung selalu berbekas kerusakan. Tapi, selain kerusakan, ada juga letusan gunung yang menyisakan keindahan. Contohnya, gunung Pinatubo di Filipina.

Gunung Pinatubo terletak di Pulau Luzon, Filipina bagian Utara. Gunung Pinatubo adalah salat satu bagian dari pegunungan Zambales. Sebelum meletus, gunung Pinatubo bertinggi 1.745 meter di atas permukaan laut.

Pada bulan Juni 1991, gunung Pinatubo meletus dahsyat. Kepulan asap vulkanisnya mencapai ketinggian 35 kilometer, mencapai lapisan Stratosfer. Abu vulkanisnya terbawa angin hingga Laut China Selatan dan Samudera Indonesia.

Letusan gunung Pinatubo ini menjadi letusan gunung terbesar selama abad ke-20. Padahal, awalnya gunung ini dianggap sudah tidak aktif. Sebab, aktivitas vulkanis terakhirnya terjadi 490 tahun yang lalu.

Letusan dahsyat gunung Pinatubo tersebut melepaskan banyak magma dari bawah permukaan bumi. Kosongnya kantung magma berakibat runtuhnya puncak Pinatubo membentuk sebuah kaldera. Kaldera yang terbentuk berdiameter 2,5 kilometer. Sebagai akibat munculnya kaldera baru itu, ketinggian gunung berapi itu turun drastis sekitar 260 meter menjadi tinggal 1.485 meter di atas permukaan laut.

Kaldera tersebut kemudian dapat berubah menjadi danau setelah hujan lebat mengguyur pada musim hujan. Sekarang, danau indah bekas letusan gunung Pinatobo dan banyak dikunjungi wisatawan.