Sossusvlei, Kering dan Menyeramkan

Sossusvlei, Kering dan Menyeramkan

Gurun Namib adalah salah satu gurun tertua di dunia. Letaknya di wilayah Taman Nasional Namib-Naukluft, Namibia, di sisi barat benua Afrika. Banyak keunikan ada di sana. Salah satunya adalah dataran garam Sossusvlei,.

Sossusvlei

Sossusvlei adalah s

Sossusvlei, Kering dan Menyeramkan

Das Soussusvlei in Namibia

ebuah hamparan tanah liat yang mengandung garam dan dikelilingi oleh bukit merah yang tinggi. Letaknya di bagian selatan Gurun Namib. Tempat ini sangat kering.

Saat panas, tanahnya jadi keras dan gersang. Ketika disiram hujan atau basah, tanah ini jadi lengket, seperti tanah liat yang diberi air. Dan setiap air yang lewat di tempat ini akan langsung menghilang, diserap oleh tanah tersebut. Karena itulah, tempat ini dinamakan “Sossusvlei” yang berarti “rawa tanpa jalan kembali”. Vlei  dalam bahasa Afrika berarti “rawa”, dan “Sossus”  berarti “tidak kembali” atau “buntu”.

Dead Vlei

Berdekatan dengan Sossusvlei, ada sebuah dataran kering lainnya, yaitu Dead Vlei. Tempat ini dikelilingi bukit pasir setinggi 900 meter. Dinamakan “Dead Vlei” karena tempat ini sangat mematikan.

Abgestorbene Akazien im Dead vlei, Namibia

Abgestorbene Akazien im Dead vlei, Namibia

Dead Vlei menyerap habis aliran air sungai yang melewatinya. Rawa ini juga menyerap air dari pohon yang hidup di sana. Hasilnya, banyak pepohonan yang mati kekeringan. Dan, saking keringnya, batang pohon yang mati tak bisa membusuk. Batang-batang pohon mati yang sudah sangat mengering pun menghiasi tempat ini. Cukup memberi kesan yang menyeramkan.