Syam, Negeri Suci Yang Tersakiti

Dalam kisah-kisah nabi, kita sering mendengar nama Syam.  Syam adalah nama sebuah negeri. Dari negeri ini terlahir ulama-ulama besar dan tokoh-tokoh pejuang Islam yang hebat.

Tahukah kamu, dahulu Syam adalah satu negeri. Kini Syam telah terbagi menjadi beberapa negara meliputi: Suriah, Palestina, Jordania, dan Libanon.

Syam, Negeri Suci Yang Tersakiti

Suriah

Suriah atau Syiria adalah negeri yang diberkahi, negeri tempat lahirnya para nabi.

Tanahnya subur. Kebun zaitunnya melimpah ruah.

Rasulullah shalallahu alaihi wa sallam bersabda, “Beruntunglah negeri Syam.” Para sahabat bertanya, “Mengapa ya Rasulullah?” Rasulullah menjawab, “Sebab malaikat rahmat membentangkan sayapnya di negeri Syam.” (HR. Ahmad)

Kini, Suriah dilanda perang. Pemerintah dan tentaranya yang beragama Syiah memerangi rakyatnya yang muslim. Ratusan ribu orang telah menjadi korban, termasuk anak-anak seusia kalian.

Palestina

Syam, Negeri Suci Yang TersakitiPalestina adalah negeri suci umat Islam. Lekatnya di barat daya Suriah. Di sana terdapat Baitul Maqdis, kiblat pertama umat Islam.

Allah berfirman, “Maha suci Allah yang telah memperjalankan hambaNya pada suatu malam dari Masjidil Haram ke Masjidil Aqsa yang telah Kami berkahi sekelilingnya.” (QS. Al-Isra’: 1)

Kini, Palestina dijajah oleh orang-orang Israel. Tanahnya dirampas, penduduknya diusir.  Bahkan nama Palestina telah mereka lenyapkan dari peta bumi.

Syam, Negeri Suci Yang TersakitiLebanon

Lebanon juga termasuk wilayah Syam. Sejarah mencatat pada tahun 1978 dan 1982 kaum yahudi membantai hingga 20.000 kaum muslimin yang berada di Shabra dan Shatila. Dan jumah keseluruhan korban jiwa di Lebanon mencapai 100.000 jiwa.

Semoga Allah menerima para korban jiwa yang terbunuh sebagai syuhada dan memberikan kemenangan kepada para mujahidin, untuk kembali memerdekakan tanah mulia kaum muslimin yang ternoda.