Takut Hantu

takut

Assalamu’alaikum warahmatullah wabarakatuh

Saya mau tanya Ustadz, apakah boleh kita takut sama hantu? Sejak kapan kita mulai tidur sendiri? Apakah hantu itu ada Ustadz?

Wassalamu’alaikum warahmatullah

 

Maryam Khoirotun Hisan

SDIT Mutiara Insani, Delanggu, Klaten.

 

Jawab :

Wa’alaikumussalam warahmatullah wabarakatuh

Alhamdulillah semoga Allah senantiasa menjaga kita semua dari keburukan, baik keburukan diri kita sendiri maupun keburukan dari manusia dan syaitan.

Kita pernah mendengar orang-orang bercerita tentang hantu. Ada juga orang yang berkata melihat hantu. Sebenarnya apakah hantu itu?

Hantu adalah bangsa jin yang menampakkan diri kepada manusia. Bangsa jin tidak bisa dilihat oleh manusia. Namun, Allah memberikan kemampuan kepada jin agar bisa menampakkan dirinya. Jin menampakkan diri dengan rupa yang membuat manusia ketakutan.

Baca juga : Bolehkah bermain di malam hari?

Namun, kamu tidak perlu takut. Ada Allah yang akan melindungi kamu. Berdoalah dan meminta perlindungan Allah agar jin tidak mamu mengganggu kamu. Takut kepada hantu atau jin yang berlebihan dapat menghalangi ketaatan kepada Allah, bahkan menjerumuskan kita kepada kesyirikan.

Rasulullah shallallahu’alaihi wasallam memerintahkan kepada orang tua untuk memisahkan tempat tidur anak laki laki dan perempuan jika sudah berusia 1- tahun.

‘Perintahkan anak-anak kalian shalat pada usia 7 tahun. Pukullah mereka jika pada usia 10 tahun meninggalkannya dan pisahkan di antara mereka tempat tidurnya.” (HR. Ahmad dan Abu Dawud)

Tidak usah takut tidur sendirian, berdoalah kepada Allah sebelum tidur, baca ayat kursi, dan bila ingin rumah tidak diganggu jin dan syaitan maka bacalah surat Al-Baqarah sampai selesai.