Tanduk Gurita, Jamur Aneh Mirip Alien

Tanduk Gurita, Jamur Aneh Mirip Alien

Tanaman jamur memiliki banyak sekali jenis. Salah satunya, jamur unik yang mirip penampakannya mirip alien. Jamur ini dinamakan Jamur Tanduk gurita, atau Octopus Stinkhorn.

Ya, sesuai namanya, jamur ini terlihat seperti gurita berwarna merah dan berbau busuk. Ada pula yang menamainya, jamur cara setan (Devil’s Claw). Nama ilmiahnya adalah Clathrus archeri. Jamur ini berasal dari daratan Australia dan New Zealand, lalu tersebar ke Eropa dan Amerika.

 

Keunikan lainnya terletak pada caranya tumbuh. Saat masih kuncup, jamur terlihat mirip telur berdiameter 4-6 centimeter. Setelah matang, telur pun pecah. Lalu keluarlah lengan-lengan berwarna merah, mirip lengan gurita. Satu jamur memiliki 4 – 6 lengan yang ramping dan memanjang.

Ketika baru keluar, lengan jamur menyambung an tumbuh tegak setinggi 5 – 10 centimeter. Setelah mekar, tentakel-tentakel ini memisah, melebar, dan turun. Bagian dalam tentakel berwarna merah.

Berbau Busuk

Tentakel diselimuti lapisan lendir berbau busuk yang disebut ‘gleba’. Cairan itu yang menarik perhatian lalat. Saat lalat hinggap, spora jamur akan ikut menempel di tubuh lalat. Selanjutnya, lalat akan menyebarkan spora jamur itu ke tempat lain yang dihinggapinya. Tempat tumbuh jamur ini adalah di sekitar kayu busuk, bekas tebangan pohon, atau tumpukan daun.