Tawon Rasaksa, Penyengat Yang Berbahaya

tawon rasaksa

Ini adalah sejenis tawon, bukan lebah (bee). Tawon yang berukuran cukup besar. Tawon ini juga sangat ganas. Dia pun dijuluki tawon penyengat raksasa (Asian giant hornet; Vespa mandarinia)

Spesies tawon raksasa ini banyak ditemukan di Asia, terutama di China, Vietnam, Laos, & Kamboja. Satu jenis yang ada di Jepang berukuran lebih kecil, namun lebih ganas.

Seperti namanya, tawon raksasa punya badan yang cukup besar. Jauh lebih besar dari tawon biasa. Panjang tubuhnya mencapai 4,5

OLYMPUS DIGITAL CAMERA

cm, lebar sayapnya 7,5 cm. Pada bagian ujung ekornya terdapat sengat yang panjangnya mencapai 6 mm.

Predator dan Petarung yang Tangguh.

Tawon raksasa adalah predator dan petarung yang tangguh. Mereka berburu serangga kecil, seperti lebah, tawon jenis lain, hingga ulat atau belalang. Bila mangsanya berukuran kecil, cukup seekor tawon yang menyerangnya. Namun, bila mangsa berukuran lebih besar, beberapa ekor tawon akan mengeroyoknya. Mangsa yang telah mati akan dibawa ke sarang sebagai makanan larva tawon.

Mangsa favorit tawon raksasa adalah lebah madu. Seringkali, sekelompok tawon raksasa menyerang sarang lebah madu untuk mengambil larva dan madunya. Tawon madu yang berukuran lebih kecil akan melawan. Jika menang, sarang mereka akan selamat. Jika kalah, satu koloni lebah madu akan hancur.

Tawon dapat menggunakan sengatnya berulang kali. Sengat lebah raksasa mengandung enzim dan racun saraf yang berbahaya. Sengatannya menimbulkan rasa sakit luar biasa, dan racunnya bisa mengakibatkan kematian. Di Jepang, ada 20-40 orang yang meninggal setiap tahunnya akibat sengatan tawon ini.

Jadi, hati-hati ya, jika ketemu si tawon raksasa iniā€¦!

 

BACA JUGA: LANDAK LAUT, HEWAN LAUT BERDURI