Tempat Terbaik untuk Berdoa

Berdoa dapat dilakukan di mana saja. Tapi, Rasulullah juga mencontohkan bahwa ada tempat-tempat yang sangat baik untuk berdoa. Berdoa di tempat-tempat tersebut akan mudah dikabulkan oleh Allah. Tentu saja, doa harus dipanjatkan dengan ikhlas, sesuai tuntunan Rasulullah, dan bersungguh-sungguh dalam berdoa.

Nah, beberapa tempat yang sangat baik untuk berdoa adalah;

 

Ka’bah dan sekitarnya

Ka’bah adalah tempat yang sangat istimewa. Semua tempat di Ka’bah sangat baik untuk berdoa, khususnya di dalam bangunan Ka’bah. Rasulullah pernah masuk ke dalam bangunan Ka’bah dan berdoa di dalamnya.

Usamah bin Zaid menerangkan, bahwa Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam ketika masuk ke Baitullah berdoa di semua sisinya.” (HR. Muslim)

Tidak semua orang bisa masuk ke dalam Ka’bah. Nah, kita bisa berdoa di dalam Hijr Ismail. Berdoa di dalam Hijr Ismail sama dengan berdoa di dalam bangunan Ka’bah.

Aisyah radhiallahu ‘anha berkata; Aku pernah bertanya kepada Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam tentang jadr (Hijr), apakah ia termasuk Baitullah?” Beliau menjawab, “Ya.” Lalu aku bertanya lagi, “Tetapi mengapa mereka tidak memasukkannya ke dalam Baitullah?” Beliau menjawab, “Sesungguhnya kaummu kekurangan biaya.” (HR. Bukhari dan Muslim)

 

Shafa dan Marwah

Shafa dan Marwa adalah dua bukit di dekat Ka’bah. Sekarang tempat ini masuk dalam bangunan Masjidil Haram. Di sinilah, kaum muslimin melakukan sa’i, yaitu berlari-lari kecil antara Shafa dan Marwa.

 

Masy’aril Haram atau Masjid Muzdalifah

Tempat ini selalu disinggahi kaum muslimin yang menunaikan ibadah haji. Mereka shalat dan berdoa di Masy’aril Haram.

Jabir bin Abdillah radhiallahu ‘anhuma berkata tentang haji Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam, “Selanjutnya Beliau menaiki unta al-Qaswa’, sehingga ketika tiba di Masy’arilharam, Beliau menghadap kiblat, berdoa, bertakbir, bertahlil, dan mentauhidkan Allah. Ketika itu, Beliau tetap dalam keadaan berdiri sampai hari semakin terang, lalu Beliau bertolak sebelum matahari terbit.

 

Arafah

Arafah adalah tempat dilaksanakannya wukuf saat pelaksanaan ibadah haji. Wukuf dilaksanakan pada tanggal 9 Dzulhijjah. Kaum muslimin berkumpul di Arafah, memperbanyak berdzikir dan berdoa kepada Allah.

Dari ‘Aisyah, ia berkata bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

“Di antara hari yang Allah banyak membebaskan seseorang dari neraka adalah hari Arafah. Dia akan mendekati mereka lalu akan menampakkan keutamaan mereka pada para malaikat. Kemudian Allah berfirman: Apa yang diinginkan oleh mereka?” (HR. Muslim)

 

Raudah

Raudah adalah bagian dari Masjid Nabawi. Letaknya diantara mimbar dan pintu rumah Nabi. Sekarang tempat ini ditandai dengan karpet berwarna hijau.

Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam bersabda, “Antara rumahku dengan mimbarku adalah Raudhah di antara taman-taman surga” (HR. Bukhari)