Ikan Tuna, Ikan Yang Banyak Diburu

Ikan Tuna, Ikan Yang Banyak Diburu

Laut adalah rumah berbagai jenis ikan. Salah satunya adakan ikan Tuna. Ikan yang yang paling disukai untuk dikonsumsi. Banyak diburu dan ditangkap untuk dijual dagingnya.

Ikan Tuna

Ikan Tuna memiliki bentuk tubuh menyerupai torpedo. Moncong meruncing dan tubuh memipih. Ada dua sirip di bagian punggung, dan dua sirip di bagian perut. Sirip ekor bercabang tegak. Antara sirip ekor dan sirip punggung kedua terdapat beberapa sirip-sirip kecil.

Bagian belakang kepala dan di sekitar sirip dada ditutupi oleh sisik-sisik yang tebal dan agak besar. Sedangkan bagian tubuh sisanya bersisik kecil atau tanpa sisik.

Ikan Tuna memiliki banyak jenis yang tersebar di seluruh perairan dunia. Keistimewaan ikan Tuna adalah mereka mampu meningkatkan suhu tubuhnya lebih tinggi dari suhu air di sekitarnya. Ikan tuna juga perenang yang cepat. Ikan Tuna merupakan predator. Mereka makan

Ukuran tubuh, bentuk dan ukuran sirip, warna, serta habitat menentukan jenis-jenis ikan tuna. Tuna yang terbesar adalah Tuna sirip biru Atlantik (Thunnus thynnus). Berat tuna sirip biru Atlantik dapat melebihi 680 kilogram dan panjang tubuhnya mencapai 4 meter. Tuna besar lainnya adalah Tuna sirip biru selatan (Thunnus maccoyii) yang hidup di perairan selatan katulistiwa. Ikan ini dapat mencapai panjang 2,5 meter dan berat mencapai 260 kg.

Ikan TunaIkan Tuna jenis terkecil adalah tuna sirip hitam Atlantik (Thunnus atlanticus) dengan panjang 1 meter dan berat 20 kg. Ikan ini hidup di perairan Atlantik bagian Barat. Jenis tuna kecil lainnya adalah Tuna ekor panjang (Thunnus tonggol). Ikan ini hidup di perairan Australia. Panjangnya 1,5 meter dan beratnya 35 kg.

Ikan tuna digemari karena rasanya yang enak. Berbeda dengan kebanyakan ikan laut yang dagingnya putih, daging ikan tuna berwarna merah. Karena itulah, ikan tuna menjadi komoditas laut yang banyak diperdagangkan dan bernilai tinggi.