Tunjukkan Kebaikanmu, Raih Pahalamu

Tunjukkan KebaikanBerbuat baik itu berpahala. Memberikan contoh perbuatan baik, jauh lebih banyak pahalanya. Nah, edisi ini kita berbicara tentant kesempatan menunjukkan kebaikan. Pastikan teliti membacanya, dipahami semua. Perlahan saja, agar maksimal memahaminya.

Lihat! Betapa mulianya sang ayah ketika menunjukkan kebaikan kepadamu, bagaimana shalat yang baik, berjamaah di masjid. Membaca Al-Qur`an, bertadarus setiap pagi. Menghadiri majelis taklim, memahami ayat-ayat suci. Bercerita kehidupan nabi, mengenal para shahabatnya.

Lihat! Betapa mulianya sang bunda ketika menunjukkan kebaikan kepadamu, bagaimana mandi yang bersih, menggosok gigi. Memasak di dapur, menyiapkan sarapan pagi. Mencuci menjemur pakaian, menyetrika menatanya di lemari. Menyapu halaman, merapikan taman.

Lihat! Betapa mulianya sang guru ketika menunjukkan kebaikan kepadamu, bagaimana menjadi manusia berguna di tengah masyarakat. Selalu belajar dan banyak membaca. Ia mengenalkanmu pelajaran menulis dan berhitung, hingga kamu memahami. Menjelaskan etika sopan santun, agar kamu pun disegani.

Kata nabi yang mulia, sungguh orang yang menunjukkan kebaikan akan mendapatkan pahala yang sama dengan orang yang melakukan kebaikan.

Kesempatan Menunjukkan Kebaikan

Kamu pun memiliki kesempatan yang sama untuk menunjukkan kebaikan. Semakin banyak melakukan kebaikan, semakin banyak pahala diraih. Semakin orang yang meniru kebaikanmu, semakin banyak pahala terkumpul. Jadi, mulai sekarang, tunjukkan kebaikanmu.

Ketika kamu melihat, ada kawanmu yang makan dengan tangan kiri, beritahu mereka bahwa itu tidak benar. Beri contoh bahwa makan dan minum itu dengan tangan kanan. Nah, jika kemudian kawanmu mengikuti apa yang kamu tunjukkan, maka sungguh kamu pun mendapatkan pahala yang sama dengan kawanmu yang melakukan.

Jika ada kawanmu yang membuang sampah sembarangan, segera saja dekati. Mungkin kawanmu belum tahu di mana letak tempat sampah, maka tunjukkan. Mungkin kawanmu belum terbiasa buang sampah di tempatnya, maka tunjukkan.

Baca juga : Berteman itu Saling Mengingatkan

Tunjukkan kebaikanmu kepada orang-orang yang belum tahu, atau belum terbiasa. Maka jika kemudian orang yang telah kamu tunjukkan itu melakukan kebaikan, kamu pun akan mendapatkan pahala yang sama, tanpa mengurangi pahala orang yang telah kamu tunjukkan tersebut.

Orang-orang baik, jika ditunjukkan kepada kebaikan, pasti ia akan berterima kasih. Dan sunguh senang ketika mendapatkan ilmu baru soal kebaikan yang baru. Berbeda dengan orang-orang yang tidak suka kebaikan. Belum selesai kamu menunjukkan kebaikan, dia sudah menolaknya. Sudah menghentikan bicaramu. Sabaaar…

Setiap hari, selalu ada kebaikan yang kamu tunjukkan. Semakin banyak kebaikan yang ditunjukkan semakin banyak pula pahala yang dikumpulkan. Terus, dan terus kamu lakukan. Jangan abaikan, jangan hilangkan setiap ada kesempatan.

Wallahu A’lam