Umat Islam Hanya Punya Dua Hari Raya

Umat Islam Hanya Punya Dua Hari Raya

Idul Fitri

Idul Fitri dirayakan setiap tanggal 1 Syawal, setelah berakhirnya ibadah puasa Ramadhan.

Idul Fitri dirayakan setelah berpuasa Ramadhan. Karenanya, seringkali diartikan sebagai kembali suci atau kembali pada fitrah manusia. Diambil dari kata (‘Id ) yang berarti kembali, dan (Fitrah) yang berarti suci.

Namun, makna Idul Fitri yang sebenarnya adalah ‘hari raya berbuka’. Idul Fitri berarti (‘Id) berarti kembali dan (Fithri) yang berarti berbuka.

Jadi, Idul Fitri bermakna hari dibolehkannya umat Islam untuk berbuka atau makan dan minum, setelah selama sebulan penuh berpuasa di bulan Ramadhan.

Ada amalan yang wajib dilakukan sebelum Idul Fitri, yaitu membayar zakat fitri. Zakat Fitri dibayarkan sebelum shalat Idul Fitri. Bentuknya berupa bahan makanan pokok, seperti beras, gandum, dan sejenisnya.

Sedangkan amalan yang disunnahkan pada hari Idul Fitri adalah memperbanyak takbir sepanjang malam hingga waktu shalat Id tiba. Lalu bersegera memulai makan sebelum berangkat untuk shalat ied.

Idul Adha

Idul Adha disebut juga Idul Qurban. Idul Adha dirayakan setiap tanggal 10 Dzulhijjah. Hari ini juga bertepatan dengan waktunya umat Islam berhaji di Baitullah. Sehingga orang-orang menyebutnya lebaran haji.

Pada hari ini, umat Islam ramairamai menyembelih hewan kurban, seperti sapi, kambing, atau domba. Bagi mereka yang mampu dianjurkan untuk berkurban. Itu semua dilakukan semata-mata untuk mendekatkan diri kepada Allah. Dagingnya dibagikan kepada orang yang tidak mampu. Sehingga semua senang, bisa merasakan nikmatnya daging.

Kaum muslimin disunnahkan untuk melakukan puasa Arafah sehari sebelum hari Id, yaitu pada tanggal 9 Dzulhijjah. Pada hari ini, jamaah haji berada di padang Arafah yang sangat terik untuk melaksanakan wukuf.

“Dan hendaklah kamu mencukupkan bilangannya (puasa) dan hendaklah kamu mengagungkan Allah atas petunjuk-Nya yang diberikan kepadamu, supaya kamu bersyukur.” (QS. Al-Baqarah 185)

 

BACA JUGA:  LAILATUL QADAR, Malam Mulia Yang Istimewa