Uniknya Pantai Merah di China

Uniknya Pantai Merah di China

Pantai berpasir, itu sih biasa. Pantai yang dihiasi batu karang, juga biasa. Nah, di China ternyata ada pantai yang berwarna merah.

Ya, pantai merah ini berada Panjin, pantai timur China. Tepatnya di delta Sungai Liaohe, sekira 30 km barat daya Kota Panjin, China.

Warna merah pantai Panjin bukan berasal dari pasir merah. Warna merah ini akibat adanya rumput Sueda yang tumbuh di sepanjang pantai. Sebenarnya, rumput ini sama seperti rumput lainnya. Berwarna hijau, terutama pada musim semi hingga musim panas.

Rumput Merah13

Saat musim gugur, rumput-rumput tersebut mulai berubah warna menjadi merah. Puncaknya, yaitu bulan September hingga Oktober, seluruh rumput berubah berwarna merah. Warna merahnya menyerupai bentangan karpet raksasa menutupi wilayah pantai seluas 6.000 hektar.

Hamparan rumput merah inilah yang menarik pengunjung untuk mengunjungi pantai Panjin. Meskipun pantai Merah ini sangat luas, namun hanya sebagian kecil saja yang bisa dikunjungi. Sebagian besar merupakan kawasan terlindung.12

Beberapa fauna juga hidup di pantai ini. Sekira 236 jenis burung menjadikan rumput ini sebagai habitatnya. Populasi terbanyak adalah burung camar. Apa pula, Lepaskan anjing laut yang hidup di perairan pantai Panjin.