Urang-aring, Tanaman Liar yang Bermanfaat

Urang-aring, Tanaman Liar yang Bermanfaat

Tanaman liar seringkali dianggap tak berguna. Padahal, banyak juga tanaman liar yang bisa dimanfaatkan. Salah satu tanaman liar yang bermanfaat adalah urang-aring.

Tanaman urang-aring tergolong tanaman perdu. Batangnya bulat dan bercabang. Warnanya keunguan, berbulu putih. Daunnya meruncing, tumbuh berhadapan. Tepi daun bergerigi. Bunganya berupa bunga majemuk, bertangkai panjang, dan berwarna putih.

Urang-aring sebenarnya tergolong tanaman liar. Terkadang dianggap sebagai tanaman pengganggu. Tapi, urang-aring ternyata memiliki banyak manfaat. Karena itu, urang-aring sudah dijadikan tanaman budidaya.

Tanaman Liar yang Bermanfaat

Urang-aring mengandung zat pewarna hitam, sehingga dapat dimanfaatkan sebagai penghitam rambut. Daun urang-aring diremas-remas dicampur air, lalu dioleskan pada rambut. Bisa juga dicampur minyak kelapa menjadi minyak urang-aring. Atau, digabungkan dengan shampo, menjadi shampo urang-aring.

Selain untuk penghitam rambut, urang-aring juga dapat digunakan sebagai obat herbal. Misalnya, untuk pertolongan pertama pada gigitan ular berbisa, atau untuk obat eksim dan kutu air.

Bisa juga untuk menghentikan perdarahan pada muntah darah (hematemesis), mimisan (epistaxis), atau kencing darah (hematuria).

Wah, ternyata hebat juga manfaat tanaman urang-aring ini. Tanaman liar, kecil, tapi banyak manfaatnya.